Pengembangan Sistem Pendukung Manajemen Pengetahuan Antar Universitas (Studi Kasus Ipb Dan Unpak).
View/ Open
Date
2015Author
Ibrahim, Firmansyah
Hermadi, Irman
Buono, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam dunia pendidikan khususnya pada tingkatan universitas, pengetahuan tumbuh dan berkembang secara pesat didukung dengan kemajuan teknologi informasi. Hal ini mendorong perguruan tinggi untuk melakukan kolaborasi pengetahuan dalam bidang keahlian tertentu, sehingga dapat menyeragamkan pembelajaran dan meningkatkan kerja sama antar universitas. Program Studi Ilmu Komputer di Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki keunggulan dalam bidang pertanian, sedangkan Universitas Pakuan (UNPAK) memiliki keunggulan dalam bidang elektronika. Maka tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem pendukung manajemen pengetahuan untuk berbagi pengetahuan dalam pembelajaran antar IPB dan UNPAK. Dalam pengembangan sistem tersebut, arsitektur yang digunakan meliputi Joomla sebagai Content Management System (CMS), Moodle sebagai E-learning System (ELS), dan Hyper Text Markup Language (HTML) sebagai search engine. Sistem ini dibangun menggunakan pendekatan Knowledge Management Sistem Life Cycle (KMSLC). Untuk memahami lebih dalam dilakukan analisis kebutuhan pembelajaran pada mahasiswa (n=26), dosen (n=8), dan stakeholder (n=6) dengan menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase analisis kebutuhan pembelajaran pada mahasiswa di IPB sebesar 66.26% tergolong dalam tingkatan pranata, dan di UNPAK sebesar 59.49% tergolong dalam tingkatan madya. Sebaliknya, persentase analisis kebutuhan pembelajaran (pengajaran) pada dosen di IPB sebesar 53.44% tergolong tingkatan madya, dan pada UNPAK sebesar 64,99% tergolong tingkatan pranata. Selain itu, persentase hasil analisis kebutuhan pembelajaran pada stakeholder di IPB sebesar 67.74% dan di UNPAK sebesar 68.72%, keduanya tergolong dalam tingkat pranata. Tingkatan tersebut menunjukkan bahwa kedua unversitas ini dapat berkolaborasi efektif serta diimplemantasikan ke dalam sebuah sistem pendukung manajemen pengetahuan. Hasil dari implementasi sistem tersebut yaitu kombinasi tiga sistem berbeda berupa aplikasi berbasis web. Dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu IPB dan UNPAK untuk melakukan kolaborasi pengetahuan dan pembelajaran.