Model Persamaan Struktural Delapan Standar Nasional Pendidikan Dengan Metode Generalized Structured Component Analysis
View/ Open
Date
2015Author
Ferezagia, Debrina Vita
Susetyo, Budi
Indriyanto, Bambang
Metadata
Show full item recordAbstract
Standar Nasional Pendidikan (SNP) merupakan kriteria minimal dalam pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia. SNP terdiri dari delapan standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), Standar Proses (SPR), Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (SPT), Standar Sarana dan Prasarana (SSP), Standar Pengelolaan (SPL), Standar Pembiayaan (SB) dan Standar Penilaian (SPN). Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) menggunakan delapan SNP sebagai acuan akreditasi pada Sekolah Menengah (SM) setara SMA. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran umum Status Akreditasi SM setara SMA di Indonesia, menduga butir pertanyaan yang tidak terjawab dan memodelkan SNP. Gambaran umum Status Akreditasi dilakukan dengan eksplorasi data serta visualisasi grafik analisis korespondensi. Hasil yang diperoleh adalah Status Akreditasi SM tahun 2014 berkaitan erat dengan Jenis SM (SMAN, SMAS, MAN dan MAS) serta berkaitan erat dengan Provinsi. Pendugaan butir pertanyaan yang tidak terjawab dengan menggunakan metode multiple imputation. Hasil pendugaan digunakan untuk mengisi butir pertanyaan tersebut. Delapan SNP merupakan peubah laten yang diukur melalui peubah indikator. Asumsi normal ganda tidak dipenuhi oleh kedelapan peubah laten, sehingga metode analisis yang digunakan adalah Generalized Structured Component Analysis. Hasil yang diperoleh adalah tidak semua peubah indikator memiliki loading faktor yang tinggi. Peubah laten SPT tidak berpengaruh signifikan terhadap peubah SPN dan memiliki koefisien paremeter yang kecil. Pengaruh paling besar adalah SPN terhadap SKL. Sedangkan pengaruh langsung terbesar adalah SPR melalui SPN terhadap SKL.