Kesiapan Ekspor Ukm Konveksi Dan Alas Kaki/Kulit Bogor Dalam Menghadapi Asean Economic Community 2015.
View/ Open
Date
2015Author
Rumahorbo, Nifriyanti
Ruddy C, Eko
Andrianto, M Syaefudin
Metadata
Show full item recordAbstract
ASEAN Economic Community (AEC) merupakan salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia dalam memperluas jaringan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik pemilik dan usaha UKM, menganalisis mekanisme perdagangan, menganalisis korelasi antara pengalaman dan perencanaan ekspor beserta negara tujuan ekspor, dan menganalisis faktor yang memengaruhi kesiapan ekspor UKM. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi sederhana dan metode regresi logistik. Karakteristik pemilik UKM didominasi oleh laki-laki, mayoritas pemilik UKM berpendidikan SMA dan SD. Karakterisitik usaha UKM mayoritas memiliki tempat usaha sendiri, tidak memiliki badan hukum, dan mayoritas memiliki SIUP. Mekanisme perdagangan UKM konveksi terhadap pelanggan asing yaitu sebesar 34% menjual di dalam negeri ke pembeli asing dan UKM alas kaki/kulit sebesar 43% menjual ke pembeli di luar negeri tetapi proses administrasi melalui perusahaan lain. Berdasarkan analisis korelasi sederhana, Vietnam dan Thailand akan menjadi negara tujuan ekspor tahun 2015. Kesiapan ekspor dipengaruhi oleh usia usaha, legalitas usaha dan teknologi informasi .
Collections
- UT - Management [3443]