Analisis Kualitas Layanan PT KAI Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Commuterline Jabodetabek, di Stasiun Manggarai, Jakarta
Abstract
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dan yang diharapkannya. Tujuan penelitian adalah (1) Mengidentifikasi karakteristik pengguna jasa kereta Commuterline Jabodetabek di Stasiun Manggarai, (2) Menganalisis Kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna jasa kereta Commuterline Jabodetabek di stasiun Manggarai, (3) Membuat implikasi manajerial sebagai bahan rekomendasi bagi PT KAI Commuterline Jabodetabek. Teknik penarikan sampel adalah puposive sampling. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif ,analisis Importance Performance Analysis (IPA),Customer Satisfaction Index (CSI) dan Uji Chi Square. Hasil Importance Performance Analysis (IPA) terdapat dua atribut yang memiliki tingkat kepentingan tinggi namun tingkat kinerjanya masih kurang memuaskan. Atribut tersebut adalah ketepatan jadwal perjalanan kereta Commuterline di stasiun Manggarai dan keamanan serta kenyamanan pada stasiun Manggarai. Hasil Customer Satisfaction Index (CSI) memiliki nilai sebesar 0,714. Nilai tersebut menunjukkan bahwa pengguna jasa kereta Commuterline “Puas” terhadap kinerja PT KAI Commuterline yang sedang dalam tahap peningkatan fasilitas dan kualitas layanan. Berdasarkan hasil uji Chi Square, terdapat satu dari sembilan variabel yang memiliki perbedaan tingkat kepuasan, yaitu tujuan perjalanan dengan nilai P (Asymp. Sig) < 5 persen (0.011 < 0.05).
Collections
- UT - Management [3354]