Pengaruh Faktor-Faktor Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop di Kota Bogor
Abstract
Green marketing merupakan proses perencanaan dan melaksanakan bauran pemasaran untuk memudahkan konsumsi, produksi, distribusi, promosi, pengemasan, dan reklamasi produk dengan cara yang sensitif atau positif terhadap masalah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik konsumen, menganalisis pengaruh green input, process, output, dan pengetahuan terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop. Metode penentuan sampel menggunakan metode convinience sampling yang melibatkan 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen didominasi oleh wanita pada rentang usia 23-28 tahun yang sebagian besar merupakan pelajar/mahasiwa dan memiliki pendapatan antara Rp 1000.000 – Rp 2.000.000, - setiap bulannya. Hasil analisis Partial Least Squares (PLS) menunjukkan terdapat pengaruh green input, green output, dan pengetahuan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien masing-masing sebesar 0.3043, 0.3325, 0.3233, sedangkan green process tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena memiliki nilai t-statistik yang lebih kecil dibandingkan dengan t-tabel.
Collections
- UT - Management [3444]