Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Kebun Raya Bogor
Abstract
Meningkatnya mobilitas masyarakat saat ini kian meningkatkan kebutuhan masyarakat akan tempat pariwisata untuk melepaskan penat. Keanekaragaman jenis wisata saat ini memberikan banyak pilihan bagi masyarakat, salah satunya adalah wisata alam Kebun Raya Bogor (KRB). Jumlah pengunjung yang kian banyak akan menjadi masalah jika tidak didukung dengan pelayanan yang baik. Sebagai penyedia jasa, KRB perlu meningkatkan pelayanannya agar citra KRB tetap terjaga baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis atribut pelayanan berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja menurut pengunjung KRB, (2) menganalisis tingkat kepuasan pengunjung KRB terhadap pelayanan yang telah diberikan KRB, (3) Menganalisis hubungan antara karakteristik pengunjung dengan kepuasan pengunjung KRB. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil kuesioner melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dan wawancara kepada pihak KRB, sedangkan data sekunder diperoleh dari literature, internet dan dokumen perusahaan. Pengambilang sample yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobablity sampling dengan teknik convenience sampling dan pengunjung KRB sebagai responden. Analisis data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik responden, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfation Index (CSI) dan Chi Square. Hasil penelitian dengan menggunakan kuesioner yang masing-masing terdiri dari 23 atribut dalam lima dimensi kualitas jasa, terdapat enam atribut yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan karena belum memuaskan pengunjung KRB. Keenam atribut tersebut ialah : (1) Kebersihan KRB, termasuk Toilet dan mushola, (2) Ketersediaan tempat sampah dan toilet, (3) Ketersediaan fasilitas mushola dan tempat penjualan souvenir, (4) Ketersediaan tempat parkir, (5) ketersediaan papan informs rute perjalanan/peta KRB, dan (6) Kerapihan KRB, termasuk pedagang di dalam KRB. Berdasarkan Customer Satisfation Index, dapat diketahui bahwa nilai CSI sebesar 0,67. Nilai tersebut berada pada interval nilai 0,66-0,80 yang berarti pengunjung merasa “Puas” terhadap kinerja pelayanan KRB. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) diketahui enam atribut yang menyebabkan ketidak puasan pengunjung terdapat pada kuadran 1. Berdasarkan uji korelasi Chi Square didapatkan hasil bahwa hanya tempat tinggal dan usia yang memiliki korelasi dengan kepuasan pengunjung.
Collections
- UT - Management [3354]