Analisis Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Askes dan Non-Askes Terhadap Pelayanan di Kelas I Mawar RS PMI Bogor
Abstract
RS. PMI Bogor merupakan rumah sakit swasta yang bekerjasama dengan PT. Askes dengan tujuan meringankan beban biaya kesehatan tanpa mengurangi mutu pelayanan itu sendiri. Akan tetapi, keluhan pasien pengguna Askes terhadap pelayanan yang diberikan dari penyedia pelayanan kesehatan tetap tinggi. Data rekam medis RS. PMI Bogor pada pasien rawat inap di kelas I Mawar menunjukan adanya penurunan jumlah pasien peserta Askes pada akhir tahun 2012. Pada bulan September terdapat 43 pasien Askes dari total 158 pasien, bulan Oktober terdapat 39 pasien Askes dari total 147 pasien, bulan Nopember terdapat 38 pasien Askes dari total 122 pasien. Hal ini di indikasikan akibat tidak adanya peningkatan pelayanan terhadap pengguna Askes. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kepuasan pasien Askes dan Non Askes, menganalisis perbedaan tingkat kepuasan antara pasien Askes dengan Non Askes terhadap pelayanan, dan menganalisis hubungan antara karakteristik pasien Askes dan Non Askes terhadap kepuasan pelayanan di kelas I Mawar RS PMI Bogor. Jumlah sampel terdiri dari 60 responden (30 pasien Askes, 30 pasien Non Askes). Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berdasarkan dimensi wujud nyata (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan independent sample t-test dan untuk melihat hubungan antara karakteristik responden dengan total kepuasan menggunakan uji Chi Square. Berdasarkan hasil pengujian, tingkat kepuasan pasien Askes memiliki tingkat kepuasan pada kategori sedang, yaitu dengan nilai rata-rata 62,5 dan tingkat kepuasan pasien Non Askes memiliki tingkat kepuasan pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata 79,9. Hasil uji T-test menunjukan nilai t-hitung 9,934 dengan signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari (0,05), maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pasien Askes dengan pasien Non Askes terhadap pelayanan di kelas I Mawar RS. PMI Bogor. Hasil uji Chi Square menunjukan bahwa karakteristik responden baik Askes maupun Non Askes tidak memiliki hubungan terhadap tingkat kepuasan pasien (p-value > 0,05).
Collections
- UT - Management [3443]