Analisis Brand Equity Menurut Persepsi Pelanggan Poliklinik Anak RS. Karya Bhakti
Abstract
Dewasa ini, hampir tidak ada produk yang beredar di pasar tanpa adanya produk kompetitor termasuk jasa kesehatan seperti rumah sakit. Dalam perkembangannya kini rumah sakit dihadapkan pada persaingan yang cukup kompetitif, hal ini dapat dilihat dari banyak berdirinya rumah sakit baik milik swasta maupun pemerintah, dari rumah sakit jaringan hingga rumah sakit berlabel internasional berikut klinik-klinik dokter yang menjamur di berbagai sudut perkotaan. RS. Karya Bhakti merupakan rumah sakit yang telahberdiri sejak 29 tahun yang lalu dengan nama yang telah dikenal luas oleh masyarakat khususnya warga kota Bogor Salah satu upaya rumah sakit dalam membangun kesetiaan pelanggan adalah dengan membangun merek yang kuat, yang akan memunculkan kesetiaan merek pada pelanggan. Merek yang kuat sebagai aset yang dimiliki untuk mendapatkan posisi teratas di benak konsumen/pelanggan, sehingga jika merek sudah diterima konsumen (pelanggan), akan memudahkan rumah sakit dalam memenangkan pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui karakteristik pelanggan poliklinik anak di RS. Karya Bhakti; (2) Menganalisis Brand Awareness poliklinik anak RS. Karya Bhakti; (3) Menganalisis asosiasi merek; dan (4) Menganalisis Perceived Quality poliklinik anak RS. Karya Bhakti; dan (5) Menganalisis Brand Loyalty pelanggan poliklinik anak RS. Karya Bhakti.Penelitian dilakukan pada layanan rawat jalan pada poliklinik anak RS. Karya Bhakti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari pengisian kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur terkait manajemen pemasaran. Jenis metode yang akan digunakan diantaranya Analisis Deskripsif untuk menganalisis karakteristik pelanggan, Brand Awareness dan Brand Loyalty, Uji Cochran untuk menguji elemen Brand Association, Skala Semantic Differential untuk elemen Perceived Quality.
Collections
- UT - Management [3354]