Analisis Pengaruh Quantum Learning Terhadap Organisasi Pembelajar Pada SMA Plus PGRI Cibinong
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi aspek terkait dengan Quantum Learning pada SMA Plus PGRI Cibinong (2) Mengidentifikasi aspek terkait Organisasi Pembelajar pada SMA Plus PGRI Cibinong (3) Menganalisis pengaruh Quantum Learning terhadap Organisasi Pembelajar pada SMA Plus PGRI Cibinong. Penelitian ini dilakukan di SMA Plus PGRI Cibinong yang berlokasi Jl Golf Ciriung - Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat secara sengaja (Purposive). Penelitian ini berlangsung dari bulan Oktober sampai dengan Mei 2013. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, yaitu dari buku-buku, literatur, dan penelitian sebelumnya. Teknik pengambilan data pada penelitian menggunakan penarikan seluruh populasi. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh quantum learning terhadap organisasi pembelajar adalah analisis regresi linear sederhana, statistik deskriptif dan pengujian hipotesis untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dengan menggunakan uji t. Analisis tabulasi silang digunakan untuk mengetahui hubungan karakteristik guru dengan quantum learning. Nilai t hitung antara quantum learning terhadap organisasi pembelajar sebesar 2,866. Nilai thitung>ttabel maka tolak Ho dan terima Ha, yang berarti terdapat pengaruh antara quantum learning terhadap organisasi pembelajar.
Collections
- UT - Management [3465]