Analisis Citra Perusahaan Pada Pembangunan Jalan Perusahaan PT. Adjie Transindo Di Cianjur, Jabar.
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik masyarakat yang terlibat dalam program CSR PT. Adjie Transindo, bagaimana penilaian masyarakat terhadap program CSR Pembangunan Jalan PT. Adjie Transindo, dan apakah terdapat pengaruh program CSR Pembangunan Jalan PT. Adjie Transindo terhadap citra perusahaan. Populasi dalam penelitian adalah warga masyarakat Desa Wanasari, Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sumber data dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer sebagian besar diperoleh dari pengamatan (observasi) di lapangan, wawancara dengan karyawan PT. AT khusus mengenai program CSR dan wawancara terstruktur dengan masyarakat sekitar pertambangan di Desa Wanasari melalui kuesioner. Uji Validitas dan Reliabilitas telah dilakukan dengan bantuan Microsoft SPSS versi 20.00 for Mac. Nilai αcronbach, untuk penilaian responden terhadap Program CSR PT. AT telah diketahui yaitu α = 0,891 dan sikap responden terhadap citra PT. AT dengan α = 0,919. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Alat analisis ini digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pada suatu objek yang akan diteliti. Penilaian responden terhadap citra PT. AT melalui kegiatan pembangunan jalan masuk dalam kategori baik (3,26–3,59) sesuai 6 (enam) indikator yang diteliti, yaitu dynamic, cooperative, business wise, character, successful dan withdrawn. Penilaian secara keseluruhan indikator tersebut diperoleh nilai skor rataan 3,43 yang dapat diartikan bahwa responden menilai citra PT. AT melalui program CSR pembangunan jalan sudah baik. Hasil analisis faktor pada 6 dimensi citra perusahaan PT. AT di dapat bahwa dimensi Withdrawn memiliki pengaruh paling tingggi terhadap citra PT. AT sebesar 81,9 persen sedangkan dimensi paling kecil adalah Succesful yang memiliki nilai sebesar 52,8 persen. Dimensi lainnya yaitu Business Wise, Cooperative, Character dan Dynamic memiliki nilai berturut-turut 79,4 persen, 66,1 persen, 64,2 persen dan 53 persen.
Collections
- UT - Management [3442]