Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar Swasta dan Negeri di Kota Bogor
Knowledge, Attitude and Practice of Balanced Diet of Private and Public Primary School Children in Urban Bogor.
Abstract
Anak-anak memerlukan asupan gizi yang seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Tumbuh dan berkembangnya anak usia sekolah yang optimal bergantung pada pemberian asupan gizi dengan kualitas dan kuantitas yang baik serta benar. Pendidikan gizi hendaknya dimulai sejak dini dalam upaya membentuk karakter anak. Pendidikan gizi dan kesehatan mulai diarahkan pada murid sekolah dasar, mengingat kelompok usia ini memiliki kebiasaan sikap yang masih relatif mudah dibentuk sehingga memungkinkan terbentuk pula pengetahuan, sikap dan perilaku gizi yang baik. Tujuan umum penelitian ini adalah mengkaji pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada anak sekolah dasar swasta dan negeri di Kota Bogor. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut: mengidentifikasi karakteristik contoh (jenis kelamin, usia dan besar uang saku) dan karakteristik sosial ekonomi keluarga contoh (besar keluarga, pendidikan orang tua dan pekerjaan orang tua), mengkaji pengetahuan dan sikap gizi seimbang contoh, mempelajari perilaku gizi contoh (kebiasaan makan, kebiasaan sarapan, kebiasaan membawa bekal, kebiasaan jajan dan aktivitas fisik), menganalisis hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang contoh, serta membandingkan pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang contoh pada sekolah dasar swasta dan negeri. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar di Kota Bogor, yaitu 2 SD Swasta dan 2 SD Negeri. Lokasi penelitian dipilih dengan pertimbangan sekolah yang termasuk ke dalam penelitian payung yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Kapasitas Sekolah Dasar Menuju Perilaku Gizi Seimbang di Kota Bogor”. Pemilihan SD dilakukan secara purposive berdasarkan tingkat pendidikan orang tua contoh, diambil SD Swasta dengan tingkat pendidikan orang tua tertinggi dan terendah, kemudian dicari contoh SD Negeri dengan tingkat pendidikan orang tua setara dengan tingkat pendidikan SD Swasta tersebut. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2010. Dari tiap kategori sekolah diambil masing-masing 223 contoh. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang telah didapatkan melalui kuesioner diolah secara deskriptif dan dianalisis. Hubungan antar variabel pengetahuan, sikap dan perilaku gizi dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan korelasi Spearman. Sedangkan untuk menguji keberadaan perbedaan variabel yang dianalisis pada kedua kategori sekolah digunakan uji beda (Independent Sample t-Test). Alat bantu yang digunakan adalah Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 16.0 for windows. ...
Collections
- UT - Nutrition Science [2993]