Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian jasa salon muslimah house of Aisya Bogoor
Abstract
Kegiatan memanjakan, merawat, dan mempercantik diri pada umumnya merupakan kegiatan yang menyenangkan dan saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar kamu wanita. Salah satu tempat yang menunjang kegiatan tersebut adalah salon. Salon pada umumnya masih dibuka untuk umum yang mengakibatkan wanita muslimah yang menutup aurat tidak dapat leluasa untuk melakukan kegiatan di salon, oleh karena itu mulai berkembang salon khusus wanita muslimah di kota Bogor. Salon muslimah menerapkan prinsip kehalallan berdasarkan Al-Quran dan sunnah, selain itu bahan-bahan perawatan yang digunakan juga harus jelas kehalallannya. Salah satu salon muslimah yang menerapkan prinsip tersebut adalah Salon Muslimah House of Aisya. Persaingan yang ketat antar pelaku usaha sejenis membuat House of Aisya perlu merancang strategi pemasaran yang tepat agar bertahan dalam persaingan usaha ini. Informasi mengenai karakteristik konsumen, bagaimana konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian jasa Salon Muslimah House of Aisya dapat dijadikan suatu data dan informasi untuk pengambilan keputusan manajerial dalam bidang pemasaran bagi House of Aisya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen House of Aisya, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian House of Aisya, (3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian House of Aisya. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Responden dalam penelitian ini adalah pengunjung salon muslimah House of Aisya wanita berumur 18 tahun ke atas yang telah mengunjungi salon Aisya lebih dari satu kali. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan metode SEM (Structural Equation Modeling) untuk melihat pengaruh positif faktor keputusan pembelian dengan proses keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui karakteristik konsumen salon Aisya adalah wanita berusia 18-24 tahun dan mayoritas belum menikah. Berdasarkan domisilli mayoritas konsumen berasal dari Bogor, tingkat pendidikan adalah Strata-1 dan mayoritas berkerja sebagai pegawai swasta dengan besar pendapatan sebesar Rp 1.500.000-Rp 2.500.000,-. Mayoritas waktu berkunjung konsumen lebih senang datang pada waktu siang hari. Adapun dari hasil pengolahan dengan metode SEM Lisrel menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif faktor keputusan pembelian terhadap proses keputusan pembelian sebesar 0,74. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian adalah faktor lingkungan dengan indikator v kebersihan dan kenyamanan (X5) sebesar 0,88, perbedaan individu dengan indikator variasi jenis perawatan (X14) sebesar 0,85, proses psikologi dengan indikator citra / image salon (X17) sebesar 0,68. Pada tahapan proses keputusan pembelian diperoleh faktor yang paling berpengaruh pada setiap tahapannya, yaitu pada tahap pengenalan kebutuhan indikator yang paling berpengaruh adalah manfaat kecantikan (Y5) sebesar 0,82, pada tahap pencarian informasi yaitu informasi melalui pameran (Y9) sebesar 1,00, pada tahap evaluasi alternatif yaitu evaluasi suasana (Y13) sebesar 1,00, pada tahap pembelian yaitu keputusan fasilitas (Y17) sebesar 1,02, dan pada tahap pasca pembelian yaitu keunggulan suasana (Y28) sebesar 0,85. Berdasarkan hasil analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang perlu ditingkatkan Salon Aisya adalah mempertahankan kebersihan dan kenyaman suasana salon, menambah variasi jenis perawatan agar menjadi salon muslimah terlengkap dalam memberikan jasan perawatan. Selain itu, diharapkan Salon Aisya dapat mempertahankan citra / image sebagai salon muslimah sesuai dengan tujuan manajemen bahwa Salon Aisya akan dikembangkan sebagai intergrated muslimah beauty center di kota Bogor.
Collections
- UT - Management [3354]