Analisis Pengaruh Citra Merek dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Berdasarkan Gender (Studi Kasus Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor)
View/ Open
Date
2010Author
Asikin, Rusman
Syamsun, Muhammad
Indrawan, R. Dikky
Metadata
Show full item recordAbstract
Kemajuan zaman sering kali diikuti dengan beranekaragamnya aktivitasaktivitas yang dilakukan masyarakat dalam berbagai segi kehidupan. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Semakin ketatnya tingkat persaingan yang sejalan dengan diberlakukannya perdagangan bebas memaksa perusahaanperusahaan penyedia smartphone selalu berusaha menawarkan produk yang berbeda dari pesaing dan menciptakan citra merek yang baik di mata konsumen agar tingkat keputusan pembelian konsumen semakin meningkat. Fenomena persaingan ini menuntut para pemasar smartphone untuk selalu menginovasi strategi bisnisnya. Para pemasar juga harus memperhatikan dimensi lain yang ada di masyarakat. Sosial, ekonomi, dan budaya, termasuk masalah perbedaan gender yang akan mempengaruhi sikap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis perbandingan kekuatan citra merek smartphone antara mahasiswa dan mahasiswi, (2) Menganalisis Atributatribut yang menjadi dasar keputusan pembelian mahasiswa dan mahasiswi dalam pembelian smartphone, (3) Menganalisis perbedaan hubungan antara citra merek terhadap keputusan mahasiswa dan mahasiswi dalam melakukan pembelian smartphone. Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan dan analisis Buying Decision Proces. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel 2007, SPSS version 15.00 dan Minitab 14. Citra merek yang dimiliki Blackberry menurut mahasiswa adalah kemampuan untuk mengunduh aplikasi jaringan sosial (facebook, twitter, dll) tinggi, kemampuan produk sebagai alat komunikasi tinggi, serta spesifikasi sesuai dengan yang ditawarkan. Sedangkan menurut mahasiswi adalah kemampuan produk untuk terhubung dengan komputer personal tinggi serta kemampuan menjalankan internet cepat. Atribut yang paling mendorong mahasiswa dan mahasiswi untuk melakukan pembelian smartphone merek BlackBerry adalah kemudahan produk untuk mengunduh aplikasi jaringan sosial (facebook, twitter, dll) tinggi. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa terdapat keterkaitan antara citra merek yang dimiliki smartphone BlackBerry dan iPhone dengan pengambilan keputusan konsumen pada kelompok mahasiswa. Serta pada kelompok mahasiswi untuk smartphone merek iPhone. Hal tersebut dapat dilihat dari atribut-atribut yang tedapat pada kedua analisis tersebut. Terdapat kesamaan antara atribut yang terdapat pada analisis citra merek dengan analisis pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen.
Collections
- UT - Management [3476]