Analisis Skenario In-Store Promotion Produk Kosmetik untuk Meningkatkan Impulse Buying (Studi Kasus Hypermarket Giant Taman Yasmin Bogor)
Abstract
Minat belanja konsumen Indonesia mulai mengalami pergeseran dari berbelanja di traditional shop menjadi ke modern retail. Perubahan minat konsumen ini membuat semakin banyaknya jumlah ritel modern di Indonesia yang akhirnya semakin memperketat persaingan industri ritel. Promosi di dalam toko (in-store promotion) merupakan salah satu kegiatan promosi yang dapat diterapkan peritel untuk menarik konsumen di dalam toko agar melakukan pembelian baik yang sudah direncanakan maupun yang belum direncanakan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan (1) mempelajari bentuk kegiatan in-store promotion untuk produk kosmetik di Giant Taman Yasmin, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan in-store promotion oleh Giant Taman Yasmin untuk produk kosmetik dan (3) merekomendasikan skenario in-store promotion untuk produk kosmetik yang tepat dan efektif diterapkan di Giant Taman Yasmin dalam meningkatkan impulse buying. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi langsung dan wawancara untuk mengetahui bentuk kegiatan in-store promotion serta penyebaran kuesioner kepada pakar yang meliputi pihak Giant Taman Yasmin, konsumen, kompetitor dan pakar ritel. Data sekunder diperoleh dari studi literatur di perpustakaan, internet, skripsi terdahulu dan beberapa literatur yang terkait. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan hasil penelitian, bentuk-bentuk kegiatan in-store promotion yang telah dilakukan oleh Giant Taman Yasmin untuk produk kosmetik adalah sales promotion, store display dan personal selling. Faktor yang paling berpengaruh dalam penyusunan in-store promotion adalah out of the date product (0,432). Aktor yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam penyusunan in-store promotion adalah produsen (0,283). Tujuan penerapan in-store promotion untuk produk kosmetik yang paling ingin dicapai Giant Taman Yasmin yaitu meningkatkan penjualan (0,501). Hasil analisis didapatkan bahwa skenario memberikan potongan harga untuk produk tertentu (0,321), memberikan sample produk kepada konsumen (0,278), menempatkan produk pada posisi yang strategis (0,104), dan menyelenggarakan acara-acara (0,097) merupakan skenario yang dapat diterapkan secara intensif dibandingkan dengan skenario lain. Penerapan secara intensif untuk skenario dengan bobot tertinggi ini dianggap mampu secara tepat dan efektif meningkatkan impulse buying konsumen.
Collections
- UT - Management [3443]