Analisis Proses Pengambilan Keputan Pembelian dan Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Jasa LBPP LIA (Pada LBPP LIA Jalan Baru, Bogor)
Abstract
LBPP LIA adalah salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang berdiri pada tanggal 7 September 1959. Semakin banyaknya lembaga kursus bahasa Inggris yang muncul, membuat setiap lembaga kursus bahasa Inggris berlomba-lomba dalam mengemas produk jasa kursus tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis proses keputusan konsumen dalam pembelian atribut jasa LBPP LIA dan mengetahui hubungan antara karakteristik konsumen dengan proses pengambilan keputusan konsumen, (2) Menganalisis preferensi konsumen berdasarkan tingkat kepentingan dan pelaksanaan terhadap atribut jasa LBPP LIA, (3) Memberikan rekomendasi bauran pemasaran dalam peningkatan dan pengembangan LBPP LIA. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literature. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode quota sampling dengan jumlah populasi yang diambil sebanyak 90 responden. Analisis yang digunakan meliputi Uji Khi-Kuadrat, analisis deskriptif, dan Importance Performance Analysis (IPA) dibantu dengan Microsoft Excel 2007 dan Software SPSS versi 16.0 for Windows. Pengenalan kebutuhan konsumen LBPP LIA diawali dengan adanya kebutuhan akan kursus bahasa Inggris. Sebagian besar konsumen mengetahui LBPP LIA dari teman. Yang menjadi pusat perhatian dari LBPP LIA pertama kali adalah kenyamanan lingkungan LBPP LIA. Sebagian besar konsumen merencanakan dengan baik sebelum memutuskan memilih LBPP LIA sebagai tempat kursus. Media promosi yang paling mempengaruhi konsumen adalah teman. Secara umum konsumen merasa puas terhadap LBPP LIA dan sebagian besar konsumen mengaku tidak akan beralih ke lembaga bahasa Inggris lain. berdasarkan Uji Khi-Kuadrat dihasilkan bahwa jenis kelamin memiliki hubungan dengan keinginan beralih ke lembaga lain, selain itu usia dan jenis pekerjaan ayah juga memiliki hubungan dengan besar ongkos untuk mencapai LBPP LIA dan keputusan yang diambil jika fasilitas yang diinginkan tidak tersedia. Jenis pekerjaan ibu memiliki hubungan dengan alasan memilih LBPP LIA. Berdasarkan Importance Performance Analysis dihasilkan bahwa terdapat tiga atribut yang berada di Kuadran I yang pelaksanaanya harus ditingkatkan lagi oleh LBPP LIA diantaranya adalah para pengajar maupun non pengajar (staf) cepat tanggap terhadap keluhan atau masalah yang dihadapi siswa, keramahan dan kesopanan seluruh pengajar dan staf, serta hubungan antara siswa dan kesopanan seluruh pengajar dan staf. Sebagian besar atribut berada di Kuadran II dan Kuadran III dimana atribut di Kuadran II dinilai bahwa kepentingan dan pelaksanaannya berada pada tingkat tinggi dan sesuai. Sedangkan atribut yang berada di Kuadran III merupakan prioritas rendah. Tidak terdapat satupun atribut yang berada di Kuadran IV. Rekomendasi yang diberikan meliputi tujuh alat bauran pemasaran yang digunakan untuk memasarkan jasa (produk, harga, promosi, distribusi, orang, bukti fisik, dan proses).
Collections
- UT - Management [3465]