Analisis Efektivitas Promosi Restoran Lasagna Gulung Bogor
Abstract
Dalam masa globalisasi ekonomi sekarang ini, persaingan antar perusahaan dalam industri di Kota Bogor semakin ketat. Salah satu industri yang tak luput dari kompetisi tersebut adalah industri restoran. Berbagai restoran baru di Kota Bogor mulai menunjukkan eksistensinya dalam dunia bisnis, salah satunya adalah restoran Lasagna Gulung. Lasagna Gulung harus merumuskan strategi pemasaran yang efektif agar dapat meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar yang sudah ada di tengah maraknya persaingan industri restoran di Kota Bogor. Salah satu strategi pemasaran yang harus diperhatikan yaitu strategi promosi. Strategi promosi yang efektif akan membuat konsumen tertarik dan mendorong konsumen untuk memilih produk Lasagna Gulung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi kegiatan promosi yang dilaksanakan oleh Lasagna Gulung, (2) Mengetahui respon konsumen terhadap efektivitas promosi yang dilakukan oleh Lasagna Gulung, dan (3) Merumuskan alternatif strategi promosi yang efektif bagi restoran Lasagna Gulung. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh dari wawancara serta informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa data yang dikumpulkan dari perusahaan, Badan Pusat Statistik, studi pustaka, penelitian terdahulu, buku-buku, artikel, internet dan berbagai media lainnya. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi EPIC Model dan Direct Rating Method untuk menentukan tingkat efektivitas promosi Lasagna Gulung.Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Microsoft Excel, Software SPSS version 15.0. Kegiatan-kegiatan promosi yang selama ini telah dilaksanakan oleh restoran Lasagna Gulung, meliputi mass selling (periklanan dan publisitas), public relations, dan promosi penjualan, serta word of mouth (informasi mulut ke mulut) Sampai saat ini restoran Lasagna Gulung belum pernah melaksanakan promosi melalui personal selling serta direct marketing. Berdasarkan hasil analisis pengukuran efektivitas promosi restoran Lasagna Gulung dengan menggunakan EPIC Model dapat diketahui bahwa secara keseluruhan EPIC Rate, skor rata-rata adalah 3,40 yang berada dalam rentang skala cukup efektif, yaitu antara 2,6 sampai 3,4. Hal ini berarti promosi yang dilakukan restoran Lasagna Gulung cukup efektif saja tetapi kinerjanya belum maksimal. Berdasarkan analisis dengan Direct Rating Method nilai direct rating (g) yang diperoleh sebesar 64,98 yang berada pada rentang skala 60 sampai 80. Hal ini berarti promosi yang dilakukan restoran Lasagna Gulung cukup berhasil dilihat dari segi perhatian, pemahaman, respon kognitif, respon afektif serta sikap konsumen. Konsumen Lasagna Gulung memberikan respon positif terhadap promosi-promosi yang dilakukan oleh restoran ini. Strategi promosi yang efektif yang dapat diterapkan oleh restoran Lasagna Gulung yaitu dengan mengoptimalkan peran word of mouth yang dilakukan oleh konsumen, melakukan kegiatan periklanan yang gencar melalui media-media yang telah digunakan sebelumnya, seperti brosur, mini banner dan spanduk, pemanfaatan program publisitas secara aktif serta pemberian diskon bagi konsumen.
Collections
- UT - Management [3465]