Analisis Efektivitas Bauran Promosi Program Kelas Tiga SMU di Lembaga Pendidikan Primagama Merdeka Bogor
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Pendidikan umumnya didapatkan dari sekolah atau pendidikan formal, meskipun demikian jasa pendidikan dari luar sekolah diminati untuk memperdalam materi. Peluang dalam membuka usaha di bidang pendidikan sangat besar dengan melihat begitu banyak bermunculan lembaga pendidikan yang menawarkan berbagai bentuk bimbingan belajar dengan metode belajar yang berbeda-beda. Tujuan dalam melaksanakan penelitian ini adalah: (1) Mengindentifikasi bauran promosi yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Primagama Merdeka dan (2) Menganalisis efektivitas promosi pada Lembaga Pendidikan Primagama Merdeka. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dengan cara observasi atau pengamatan, wawancara dan pengisian kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet dan dokumen-dokumen pendukung dari Lembaga Pendidikan Primagama Merdeka. Analisis data mengunakan software SPSS 15.00 for windows dan microsoft Excel, serta menggunakan EPIC Model untuk mengukur efektivitas promosi yang diterapkan. Bauran promosi yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Primagama Merdeka Bogor yaitu : periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan pemasaran langsung, seperti : menyebarkan brosur dan pemasangan spanduk di jalan-jalan yang strategis, try out akbar dan Member Get Member. Promosi yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Primagama Merdeka Bogor dari segi dimensi empathy yang memperoleh skor rata-rata sebesar 3,66 kemudian dimensi persuasion skor rata-rata yang diperoleh 3,75, dimensi impact yang diperoleh 3,56 dan dimensi communication memperoleh skor rata-rata 3,65 yang dapat menyatakan efektif. Jumlah EPIC Rate sebesar 3,66 yang menyatakan bahwa promosi yang dilakukan efektif karena rentang skala penilaian antara 3,428- 4,285 dinyatakan efektif.
Collections
- UT - Management [3469]