Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Brand Image pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris ILP (International Language Programs) Cabang Bogor
Abstract
ILP (International Language Programs) Bogor merupakan salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang berdiri pada tahun 2000 dan sampai saat ini sedang bersaing dengan lembaga kursus lainnya di Bogor. Oleh karena itu, diperlukan pengkajian tentang pengaruh bauran pemasaran jasa yang diterapkan oleh ILP Bogor terhadap brand image atau citra dari merek di benak konsumen sehingga dapat menetapkan strategi selanjutnya yang akan sangat berguna bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi bauran pemasaran jasa dari lembaga kursus Bahasa Inggris ILP Bogor, 2) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap brand image lembaga kursus bahasa Inggris ILP Bogor, 3) Memberikan rekomendasi mengenai bauran pemasaran yang harus diperhatikan oleh lembaga kursus bahasa Inggris ILP Bogor untuk penyusunan strategi dalam meningkatkan brand image. Data primer berasal dari hasil penyebaran kuesioner kepada siswa – siswa yang belajar di ILP Bogor dengan usia 17 tahun atau lebih serta siswa – siswa yang telah kursus di ILP Bogor selama 1 term (3bulan) yang diambil secara purposive sebanyak 120 siswa. Data sekunder berasal dari berbagai literatur seperti buku, tulisan ilmiah, internet dan media massa. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap brand image ILP cabang Bogor dengan bantuan software SPSS versi 16.0 dan LISREL 8.54. Berdasarkan hasil penelitian, bauran pemasaran jasa di ILP Bogor diantaranya adalah Produk yang ditawarkan adalah General English, Bussiness English Training, Young Adult’s Course, ILP Kids, TOEFL (Test of English Foreign Language), ILP Prediction Test for the TOEFL, dan Talking English. Lokasi ILP cabang Bogor yaitu terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 3 Bogor.. Saat ini ILP memiliki sumber daya manusia sebanyak 31 orang. Lingkungan fisik di ILP Bogor yaitu ruangan ber-AC, materi up to date, gedung tingkat 4, kapasitas ruangan maksimal 20 orang, tersedia fasilitas cd/tape player, laptop, dvd rom, infocus, buku materi belajar, majalah, musholla, kantin, tempat parkir, kotak saran. Berdasarakan pengolahan dengan metode Structural Equation Modeling, didapatkan hasil bahwa pengaruh terbesar terhadap brand image yaitu pengaruh tempat sebesar 55 %. Posisi kedua adalah produk sebesar 42 %. Selanjutnya yaitu karyawan dan staf pengajar sebesar 25 % terhadap brand image. Kemudian proses senilai 19 %. Promosi Iklan berpengaruh sebesar 3 %. Nilai pengaruh harga dan lingkungan fisik berpengaruh negatif terhadap brand image. Harga memiliki yaitu sebesar negatif 18 % serta lingkungan fisik dengan nilai negatif 25 %. Sedangkan manfaat terbesar yang dirasakan konsumen adalah manfaat eksperensial (63%), posisi kedua adalah manfaat simbolik (47%) dan manfaat fungsional (44%).
Collections
- UT - Management [3476]