Analisis Strategi Pemasaran Dan Kesesuaian Dengan Karakteristik Dan Preferensi Konsumen Taman Wisata Mekarsari
Abstract
Agrowisata merupakan suatu bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro (agribisnis) sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi dan hubungan usaha di bidang pertanian. Dengan banyaknya perusahaan yang bersaing dalam bidang agrowisata, persaingan akan menjadi ketat dan kuat, maka perusahaan harus memiliki strategi yang membuat perusahaan akan tetap bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu agrowisata yang berkembang pesat di Indonesia adalah PT. Mekar Unggul Sari yang berlokasi di JL. Raya Cileungsi-Jonggol Km 3 Kec. Cileungsi, Kabupaten Daerah II Bogor, Jawa Barat dengan basis usahanya Agrowisata Taman Buah. PT Mekar Unggul Sari didirikan pada tanggal 14 April 1994 untuk mengelola Taman Wisata Mekarsari. PT. Mekar Unggul Sari meresmikan Taman Wisata Mekarsari pada tanggal 14 Oktober 1995 yang bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi strategi pemasaran yang dijalankan oleh pengelola Taman Wisata Mekarsari PT Mekar Unggul Sari, (2) Menganalisis karakteristik konsumen Taman Wisata Mekarsari, (3) Menganalisis preferensi konsumen Taman Wisata Mekarsari, (4) Menganalisis kesesuaian antara strategi perusahaan dengan karakteristik dan preferensi konsumen Taman Wisata Mekarsari. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan convinience sampling sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan analisis deskriptif dengan tabulasi silang (cross tabulasi). Hasil penelitian ini diketahui bahwa responden yang berkunjung ke Taman Wisata Mekarsari yaitu dengan rata-rata usia dibawah 40 tahun dan berpendidikan D3-S1, serta memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta dan berpendapatan lebih dari Rp. 2.700.000. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses pengambilan keputusan konsumen terhadap jasa Taman Wisata Mekarsari diperoleh hasil sebagai berikut tujuan berkunjung ke TWM berkaitan pekerjaan yaitu pegawai swasta dengan memilih berekreasi sebagai tujuan utama, karena berekreasi merupakan salah satu dari strategi yang diterapkan oleh perusahaan yaitu positioning. Objek wisata yang yang paling banyak dikunjungi oleh responden terbesar berpendidikan D3- S1 yaitu, wahana petik buah. Responden yang berkunjung ke TWM merasa puas dan sangat puas telah berkunjung ke TWM, dan alasannya adalah bisa menghilangkan kepenatan dalam bekerja sehari-hari. Untuk pelayanan jasa, dimensi berwujud (tangibles) yang paling diharapkan berupa sarana pendukung yang memadai, seperti adanya musholah dan toilet yang tersebar. Strategi pemasaran perusahaan telah dijalankan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari responden yang berkunjung ke TWM adalah orang dewasa, orang tua, yang sudah menikah dan bekerja serta tingkat pendapatan keluarganya besar. Responden yang telah berkunjung mengenal Taman Wisata Mekarsari sebagai agrowisata yang menawarkan beragam objek wisata yang berwawasan pada pembelajaran dan keindahan alam, karena hal tersebut merupakan strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan yaitu produk dengan konsep konservasi, reboisasi, edukasi dan rekreasi.
Collections
- UT - Management [3354]