Analisis Karakteristik Fisis dan Mekanis Papan Serat Kenaf (Hibiscus cannabinus L) dengan Perekat Polypropylene Di PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia. 2009
Abstract
Kemajuan teknologi mulai mengembangkan berbagai produk alternatif yang berasal dari bahan-bahan alami. Teknologi ini diharapkan dapat memberikan suatu modifikasi dalam meningkatkan kualitas, daya saing produk dalam bidang industri dan menjaga kelestarian lingkungan. Saat ini, serat alam banyak digunakan sebagai bahan baku serat komposit pada papan serat. Salah satunya adalah aplikasi papan serat kenaf dengan perekat polypropylene yang digunakan sebagai interior mobil (door trim, dashboard, karpet, dll.). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat fisis dan mekanis papan serat kenaf dengan perekat polypropylene, serta membandingkannya dengan Toyota Standard (TS) untuk papan serat. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serat kenaf dan polypropylene berbentuk serat (fiber) dengan diameter serat (Ø) 6 denier. Perbandingan jumlah polypropylene dan serat kenaf yang digunakan sebesar 50 : 50 %. Metode pembuatan papan serat ini terdiri dari beberapa tahapan antara lain proses pembuatan matras, proses pembuatan papan serat, serta pengujian fisis dan mekanis untuk menentukan kualitas papan serat yang dihasilkan. Proses pembuatan matras dilakukan dengan beberapa tahapan proses, yakni pemotongan serat (Cutting), pembukaan serat (Fiber Bale Opener), pembentukan lapisan (Carding), pengatur kelebaran (Cross laper), dan pengatur kepadatan (densitas) kain (Preneedle punching). Sedangkan proses pembuatan papan serat dilakukan dengan proses pengempaan. Pengempaan panas dilakukan pada campuran serat kenaf dan polypropylene yang telah berbentuk matras. Proses ini dilakukan dengan mesin pengempa pada kondisi suhu yang diatur hingga 200°C pada tekanan 50 kgf/cm2 selama ± 2 menit. Setelah proses pengempaan panas selesai kemudian dilakukan proses pengempaan dingin selama 5-7 menit. Mesin pengempa yang digunakan adalah Hot and Cold Press. Papan serat kenaf dengan perekat polypropylene yang dihasilkan memiliki karakteristik fisis dan mekanis berupa kerapatan jenis 0.67 g/m3, kadar air 1.02 % bk, daya serap air 18.53 %, perubahan dimensi -0.21 % (setelah pemanasan) dan - 0.08 % (setelah penyerapan air), kekuatan lentur 8481 N/50mm/m dengan kemampuan beban maksimum 65.98 N/50mm (pada suhu ruang), 3982 N/50mm/m dan 30.24 N/50mm (pada 110°C), 7273 N/50mm/m dan 58.02 N/50mm (pada 50°C, 95%RH, 48 jam). Selain itu papan serat kenaf juga memiliki kemampuan terbakar 0.031 cm/s dan laju pengkabutan sebesar 94.8%. Setelah melalui beberapa tahapan pengujian serta membandingkannya dengan Toyota Standard untuk kualitas papan serat maka secara keseluruhan produk papan serat kenaf yang dihasilkan telah memenuhi persyaratan yang ditentukan, sehingga untuk selanjutnya dapat dikembangkan sebagai bahan baku alternatif pada industri otomotif.