Analisis Strategi Promosi Majalah Cita Cinta.
Abstract
Kegiatan promosi merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh suatu perusahaan, oleh karena itu perlu diterapkan strategi promosi yang tepat terhadap produk yang dikeluarkan dalam hal ini adalah majalah. Tujuan dari kegiatan penelitian ini untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas promosi perusahaan dan merumuskan alternatif strategi promosi yang tepat bagi perusahaan. Penelitian dilakukan pada Majalah Cita Cinta selama tiga bulan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data penelitian yang didapat dari sumber pertama sebagai hasil wawancara dan pengisian kuisioner. Data sekunder diperoleh dari data perusahaan dan studi literatur yang terkait dengan topik penelitian. Analisis terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penyusunan strategi promosi perusahaan dilakukan dengan metode perbandingan eksponensial (MPE), sedangkan untuk perumusan strategi promosi dilakukan dengan teknik Analytical Hierarchy Process ( AHP) yang mengandalkan pembobotan dan pendapat para pakar. Analisis terhadap faktor penyusun strategi promosi Majalah Cita Cinta mengidentifikasikan enam faktor yaitu: anggaran promosi, pesaing, sumber daya manusia, karakteristik pasar, karakteristik produk dan STP perusahaan. Orang-orang yang berpengaruh dalam pengambillan keputusan strategi promosi Majalah Cita Cinta adalah Project Event, Account Executive, dan Creative. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan pendapatan dan membangun image serta awareness yang sangat kuat. Alternatif strategi yang dapat dijalankan Majalah Cita Cinta adalah: (1) Melakukan kegiatan promosi yang telah dilakukan perusahaan pada sebelumnya, (2) Melakukan promosi melalui kegiatan periklanan, (3) Melakukan promosi melalui kegiatan humas dan publisitas, (4) Melakukan promosi melalui kegiatan pemasaran langsung, (5) Melakukan kerjasama secara aktif dengan para media partner. Hasil Penelitian ini menyatakan, sesuai dengan tujuan-tujuan promosi yang ingin dicapai perusahaan, maka prioritas alternatif-alternatif yang dapat dipilih adalah Majalah Cita Cinta perlu melakukan kegiatan promosi pemasaran langsung yang sebagai alternatif pertama dengan bobot 0,262. Selanjutnya adalah Melakukan kegiatan promosi yang telah dilakukan perusahaan pada sebelumnya (0,239), Melakukan kerjasama secara aktif dengan para media partner (0,223), dan Melakukan promosi melalui kegiatan periklanan (0,185), Melakukan promosi melalui kegiatan humas dan publisitas (0,091) sebagai alternatif strategi pilihan terakhir.
Collections
- UT - Management [3354]