Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Jasa (Studi Kasus Fit For Two Fitness Center Bogor)
Abstract
Fit For Two Fitness Center merupakan salah satu fitness center yang menawarkan beragam fasilitas terutama fitness dan kolam renang. Untuk menghadapi persaingan, Fit For Two Fitness Center memerlukan pemahaman mengenai perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis karakteristik konsumen Fit For Two Fitness Center, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen Fit For Two Fitness Center, (3) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen Fit For Two Fitness Center dan (4) Menganalisis hubungan antara demografi konsumen terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tersebut. Penelitian dilakukan di Fit For Two Fitness Center yang berlokasi di Jalan KH. Soleh Iskandar No. 1 Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui hasil wawancara dan penyebaran kuesioner. Data sekunder diperoleh dari artikel, internet, buku-buku, majalah yang terkait dan relevan dengan penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, Analisis Faktor dan Analisis Crosstab dengan uji Chi-Square dengan bantuan SPSS versi 15.00 for Windows dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen Fit For Two Fitness Center berjenis kelamin laki-laki, berusia antara 26-35 tahun, riwayat pendidikan terakhir SMU, pekerjaan sebagai pegawai negeri, dengan pendapatan antara Rp 1.000.001-Rp 3.000.000 dan berstatus belum menikah. Pada tahap proses pengambilan keputusan pembelian, semua konsumen Fit For Two Fitness Center melakukan seluruh tahapan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Namun tiap konsumen mempunyai proses yang berbeda-beda dalam tiap tahap tersebut. Hasil dari analisis faktor untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen didapatkan empat faktor yang terbentuk yaitu faktor internal, eksternal, motivasi, dan sikap. Sedangkan hasil analisis faktor untuk atribut jasa perusahaan didapatkan lima faktor yang terbentuk yaitu faktor fisik, kemampuan staf, komunikasi, keunggulan, dan keinginan dan kerapihan staf. Berdasarkan analisis Chi-Square, tedapat hubungan antara variabel jenis kelamin dengan tangible (berwujud) dengan nilai signifikansi 0,040. Variabel usia dengan reliability (keandalan) dengan nilai signifikansi 0,015. Variabel pendidikan dengan psikologi dengan nilai signifikansi 0,038. Variabel pekerjaan dengan tangible (berwujud) dengan nilai signifikansi 0,011. Variabel pendapatan dengan reliability (keandalan) dengan nilai signifikansi 0,048. Dengan adanya hasil analisis di atas, diharapkan Fit For Two Fitness Center dapat memfokuskan strategi pada faktor-faktor yang telah terbentuk dan juga dengan melihat hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dengan demografi konsumen.
Collections
- UT - Management [3476]