Analisis Perilaku Konsumen dalam Proses Keputusan Pembelian handphone BlackBerry (Studi Kasus Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor)
Abstract
Semakin cepatnya pertumbuhan arus globalisasi menjadikan telekomunikasi sebagai media penghubung yang sangat penting. BlackBerry merupakan salah satu alat komunikasi berupa produk handphone yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kemunculan pesaing-pesaing pada industri handphone membuat market share BlackBerry terus mengalami penurunan. Para pesaingnya terus berusaha merebut pangsa pasar BlackBerry dengan keunggulan-keunggulan yang mereka tawarkan. Untuk dapat meningkatkan kembali pangsa pasarnya BlackBerry harus meningkatkan kualitas dan memiliki pengetahuan terkait perilaku konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen handphone BlackBerry, (2) Mengidentifikasi proses keputusan pembelian handphone BlackBerry, (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian handphone BlackBerry, (4) Menganalisis sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang dimiliki handphone BlackBerry. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik quota sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Faktor dan Model Analisis Multiatribut Fishbein. Pengolahan data dibantu dengan dengan Microsoft Excel 2007 dan Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen BlackBerry adalah perempuan (71%) dengan usia 21 tahun (44%). Mayoritas konsumen memperoleh sumber dana dari orang tua (92%), berasal dari daerah Jawa Barat (45%) dengan pendapatan rata-rata per bulan Rp 500.001- Rp 1.000.000 (54%). Adapun proses pengambilan keputusan pembelian konsumen handphone BlackBerry melalui lima tahapan, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Berdasarkan analisis faktor didapatkan hasil bahwa terbentuk tiga faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian handphone BlackBerry. Ketiga faktor tersebut adalah pengaruh lingkungan dan gaya hidup, perbedaan individu, dan proses pembelajaran. Faktor yang paling utama dalam mempengaruhi pembelian BlackBerry adalah faktor pengaruh lingkungan dan gaya hidup dengan nilai eigenvalue yang terbesar dari semua faktor yang ada yaitu 3,552, sedangkan faktor perbedaan individu sebesar 1,454 dan faktor proses pembelajaran konsumen sebesar 1,180. Berdasarkan analisis multiatribut fishbein, atribut yang dipentingkan konsumen dalam pembelian handphone BlackBerry adalah mutu, fitur dan manfaat produk sedangkan atribut yang dipercaya konsumen adalah manfaat, kepopuleran dan fitur produk. Berdasarkan hasil, skor fishbein yang diperoleh sebesar 135,35 dapat dikatakan bahwa produk handphone BlackBerry termasuk dalam kategori cukup baik.
Collections
- UT - Management [3442]