Analisis Keputusan Pembelian dan Preferensi Konsumen Produk Bakery BREaD Unit SEAFAST Center Institut Pertanian Bogor
Abstract
Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok dan kebutuhan yang paling mendasar untuk kehidupan setiap makhluk hidup. Seiring dengan perkembangan zaman, terjadi perubahan gaya hidup dan selera akan makanan pada masyarakat. Salah satu makanan olahan yang biasa dikonsumsi manusia adalah produk bakery (roti dan kue). Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center dengan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk – Divisi Bogasari bekerja sama membangun program BReAD (Baking Research And Development) Unit dengan mengembangkan berbagai jenis produk bakery yang dibuat dengan mensubstitusi sejumlah tepung terigu dengan tepung lokal. Dengan diproduksinya produk-produk bakery tersebut, BReAD Unit mengharapkan produk-produk tersebut dapat diterima oleh konsumen dan dapat dipasarkan secara luas. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen produk bakery BReAD Unit, (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian konsumen produk bakery BReAD Unit, (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap atribut produk bakery BReAD Unit. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor. Pengolahan data menggunakan software Excel 2007 dan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar konsumen bakery BReAD Unit adalah perempuan (77%) dengan usia yang berkisar antara 17-24 tahun (97%) dan mayoritas belum menikah (98%). Sebagian besar berpendidikan terakhir SMA/SMK (88%). Konsumen sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai pelajar atau mahasiswa (97%) dengan pendapatan per bulan berkisar < Rp. 1.000.000 (70%). Sebagian besar konsumen memiliki pengeluaran untuk konsumsi bakery per bulan berkisar < Rp. 50.000. Berdasarkan hasil analisis faktor, terbentuk tujuh faktor dari seluruh atribut yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam membeli bakery BReAD Unit, yaitu faktor nuansa, faktor higiene dan komposisi, faktor citarasa, faktor daya tahan, faktor ukuran, faktor kebutuhan, dan faktor fitur. Faktor yang paling mempengaruhi preferensi konsumen adalah nuansa. Sedangkan pada hasil proses pengambilan keputusan konsumen yang menjadi fokus perhatian dan pertimbangan konsumen dalam membeli bakery BReAD Unit adalah citarasa bakery.
Collections
- UT - Management [3443]