Pengaruh Pemberian ASI dan Stimulasi psikososial terhadap Tingkat Perkembangan Kognitif Anak Usia 2,5-5 Tahun
Abstract
Tujuan umum penelltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ASI dan stimulasi psikososial terhadap tingkat perkembangan kognitif anak usia 2,5-5 tahun. Adapun tujuan khususnya adalah: (1) Membandingkan karakteristik keluarga dan anak pada kelompok ASI ekskIusif dan ASI non ekskIusif; (2) Mengidentifikasi riwayat pemberian ASI dan stimulasi psikososial pada kelompok ASI eksklusif dan ASI non eksklusif; (3) Membandinglean tingkat perkembangan kognitif pada kelompok ASI eksklusif dan ASI non ekskIusif; (4) Menganalisis hubungan antara karakteristik keluarga dan anak, riwayat pemberian ASI serta stimulasi psikososial dengan tingkat perkembangan kognitif anak; (5) Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Penelitian dilakukan di dua kecamatan yang merupakan lokasi penelitian "'Studi Perilaku Pembelian dan Kosumsi Susu Formula Lanjutan Anak Usia 2,5-5 Tahun dan Dampaknya terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan di Kecamatan Bogor Timur (Kelurahan Baranangsiang dan Kelurahan Sukasari) dan Kecamatan Tanah SareaI (Kelurahan Tanah SareaI dan Kelurahan Kedung Badak), Kota Bogor. Pemilihan Lokasi dilakukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa wilayah tersebut dekat dengan pertokoan besar dan kecil sebagai tempat penjualan berbagai merek susu formula lanjutan. Pengambilan data dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan bulan November 2006.
Collections
- UT - Nutrition Science [2993]