Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Restoran Waroeng Taman di Kota Bogor
Abstract
Perubahan gaya hidup masyarakat Kota Bogor akibat meningkatnya aktivitas di luar rumah menyebabkan perubahan pola konsumsi pangan dan cara makan masyarakat. Saat ini, masyarakat Kota Bogor cenderung lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan di luar rumah, mulai dari warung makan pinggir jalan sampai restoran-restoran mewah yang menyediakan berbagai macam hidangan. Hal ini disebabkan karena semakin terbatasnya waktu untuk memasak dan mengolah makanan sendiri. Waroeng Taman sebagai salah satu restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan, saat ini telah menjadi alternatif pilihan tempat makan yang digemari di Kota Bogor. Pada awal berdirinya, Waroeng Taman memfokuskan target pasarnya bagi konsumen rumah tangga. Namun seiring dengan perkembangannya, Waroeng Taman mengalami pergeseran target pasar dimana konsumen yang membeli ke Waroeng Taman didominasi oleh kawula muda. Keadaan tersebut merupakan tantangan dan peluang bagi pihak Waroeng Taman untuk lebih memahami keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen Waroeng Taman, menganalisis proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen Waroeng Taman, menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut serta kepuasan konsumen terhadap atribut dan pelayanan Waroeng Taman dan merekomendasikan alternatif kebijakan pemasaran berdasarkan perilaku konsumen Waroeng Taman. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI).
Collections
- UT - Management [3354]