Analisis Preferensi Konsumen Yoghurt My Healthy Di Dramaga Bogor
Abstract
Prospek usaha yoghurt ke depan akan semakin baik. Hal ini terkait nilai tambah yoghurt dibandingkan dengan susu biasa dan semakin meningkatnya jumlah konsumen yang peduli dengan kesehatan (Syamsir, 2011). Usaha Kecil Menengah (UKM) My Healthy adalah salah satu usaha yang bergerak dalam bidang industri yoghurt di kota Bogor yang berdiri sejak tanggal 5 Maret 2010. Tingginya persaingan dalam industri ini menjadi salah satu faktor bagi perusahaan untuk melakukan pengembangan usaha. Berdasarkan kondisi tersebut maka pengetahuan perusahaan terhadap konsumen sangat diperlukan dikarenakan konsumen memiliki preferensi tertentu terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini menganalisis tentang perilaku konsumen khususnya tentang proses pengambilan keputusan dan preferensi konsumen terhadap yoghurt My Healthy yang dilakukan di daerah Dramaga Bogor pada bulan Februari sampai April 2012. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui karakteristik responden yang menjadi konsumen yoghurt My Healthy, (2) Mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen yoghurt My Healthy, dan (3) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen untuk membeli yoghurt My Healthy. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Analisis deskriptif dan Analisis Faktor. Pengolahan data menggunakan Microsoft Excel 2007 dan program SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar konsumen yang mengkonsumsi yoghurt My Healthy adalah perempuan (60%), konsumen sebagian besar berusia antara 17-23 tahun sebanyak (97%). Di mana mayoritas konsumen berstatus belum menikah (99%). Tempat tinggal konsumen mayoritas di rumah sewa/kost sebanyak (80%). Konsumen sebagian besar memiliki pendapatan terbanyak berkisar antara Rp 500.000-Rp 1.000.000 per bulan (67%) dan pengeluaran terbanyak berkisar antara Rp 500.000-Rp 1.000.000 per bulan (70%). Berdasarkan hasil analisis faktor, terbentuk enam faktor dari seluruh atribut yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam membeli yoghurt My Healthy, antara lain: (1) Faktor atribut produk, yang terdiri dari komposisi/kandungan nutrisi produk, kualitas produk, kehalalan produk, sifat/cara kerja produk, hasil/manfaat produk, dan keamanan kemasan produk, (2) Faktor fitur produk, yang terdiri dari variasi rasa produk, kesesuaian rasa dan aroma, fleksibel untuk semua kalangan, variasi warna kemasan produk, dan ketersediaan produk, (3) Faktor harga dan kemasan produk, yang terdiri dari harga yang terjangkau, ukuran kemasan, kemasan yang menarik, dan bentuk kemasan produk, (4) Faktor jaminan produk, yang terdiri dari kenyamanan mengkonsumsi, keamanan mengkonsumsi, promosi yang diberikan, kualitas tahan lama, dan kepuasan produk, (5) Faktor merek, yang terdiri dari daya tarik merek dan tingkat kemudahan mengingat merek, dan (6) Faktor kemudahan, yang terdiri dari kemudahan mendapatkan produk dan kemudahan mendapatkan informasi.
Collections
- UT - Management [3443]