Analisis Efektivitas Pencapaian Indikator Pelaksanaan Program CSR Lingkungan Jakarta Green and Clean PT. Unilever Indonesia, Tbk. dan Dampaknya terhadap Citra Perusahaan.
Abstract
Dunia usaha kini berkembang pesat seiring dengan perkembangan pesat dunia teknologi dan informasi. Masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan dan menyerap setiap informasi yang berkembang sehingga apapun yang dilakukan oleh perusahaan akan menentukan penilaian masyarakat atas berbagai aktivitas perusahaan dan pada akhirnya menentukan keberlangsungan perusahaan dan citra perusahaan di masyarakat. Indikator keberhasilan perusahaan dalam memenangkan persaingan dalam dunia usaha pun berkembang tidak hanya dilihat dari sisi profitabilitas dan pertumbuhan usaha tetapi juga sisi keberlangsungan usaha. Pencapaian optimal indikator keberlangsungan (Sustainability) adalah penerimaan dan penilaian publik yang positif terhadap kehadiran dan aktivitas perusahaan sehingga mengurangi gangguan dan meningkatkan dukungan masyarakat terhadap operasi perusahaan. Salah satu upaya untuk mendukung keberlangsungan perusahaan adalah Implementasi konsep Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) secara berkelanjutan yang ternyata berdampak positif terhadap peningkatan citra positif perusahaan dan loyalitas konsumen. Citra perusahaan yang positif dan loyalitas masyarakat inilah yang menjadi social benefit untuk menunjang dan meningkatkan keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan (1) Mengkaji dan mempelajari implementasi Program CSR Lingkungan Unilever Indonesia Jakarta Green and Clean (2) Mengkaji efektivitas pelaksanaan program CSR Lingkungan Jakarta Green and Clean (3) Menganalisis dampak positif penerapan program CSR Lingkungan Jakarta Green and Clean terhadap citra perusahaan. Ruang lingkup penelitian adalah analisis efektivitas program CSR Lingkungan Jakarta Green and Clean berdasarkan indikator pelaksanaan (tingkat partisipasi, kinerja atribut program serta dampak sosial dan lingkungan program) dan indikator citra perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Yayasan Unilever Indonesia milik PT. Unilever Indonesia Tbk dan di wilayah RW 02 kelurahan Pasarminggu & RW 03 kelurahan Mampang Prapatan yang menjadi sasaran program dan telah merasakan program CSR tersebut lebih dari 2 tahun. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui metode wawancara dan metode survey. Data sekunder berasal dari berbagai studi kepustakaan, informasi dari internet, sejumlah kajian literatur, laporan Program CSR perusahaan, Annual Report dan Annual Sustainability Report perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling (accidental sampling) dengan sampel sebanyak 100 responden. Uji validitas dan reliabilitas kuesioner dilakukan dengan uji Product Moment Pearson dan teknik Cronbach’s Alpha. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Analisis Tabulasi Silang (Crosstab), Analisis Mean Score, Analisis IPA CSI, Analisis Chi-square dan korelasi Spearman
Collections
- UT - Management [3354]