Analisis Eflsiensi Pemasaran Ayam Ras Pedaging di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor
Abstract
Pemasaran disebut efisien apabila tercipla keadaan dimana pihak-pihak yang terlibat baik produsen,lembaga-lembaga pemasaran maupun konsumen memperoleh kepuasan dengan adanya aktfiitas pemasaran. Efisiensi pemasaran adalah maksimisasi dari rasio input dan output. Perubahan yang mengurangi biaya input tanpa mengurangi kepuasan konsumen akan meningkatkan ef:siensi, sedangkan perubahan yang mengurangi biaya input tetapi mengurangi kepuasan konsumen akan menurunkan efisiensi pemasaran. Pasar yang tidak efisien akan tetjadi apabila biaya pemasaran semakin besar dan nilai produk yang dipasarkan jumlahnya tidak letlalu besar. Oleh karena itu, efisiensi pemasaran akan terjadi jika : (1) biaya pemasaran dapat ditekan sehingga keuntungan pemasaran dapat lebih tinggi (2) persentase perbedaan harga yang dibayarkan konsumen dan produsen dapat lebih tinggi (3) tersedia fasilitas fisik pernasaran, dan (4) adanya kompetisi pasar yang lebih sehat. Umumnya dinegara-negara berkembang, em pat kritena diatas lersebut umumnya diigunakan sebagai indikator efisiensi pemasaran.
Collections
- UT - Management [3465]