Pola Asuh, Tingkat Kecerdasan Emosi Dan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Yang Tinggal Di Panti Asuhan
Date
2007Author
Pasaribu, Lamria Junlta
Latifah, Melly
Madanijah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari poIa asuh, perkembangan emosi dan prestasi belajar anak sekolah dasar yang tinggal di panti asuhan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui karalderistik anakanak yang tinggal dipanti asuhan meliputi, umuT, jenis kelamin, lama tinggal di panti asuhan, besar keluarga; (2) Mengetahui karalderistik pengasuh dan orang/uanya meliputi peiKfldikan, pendapatan, besar keluarga, pekeljaan dan kepriba1:lian; (3) Menganalisis perbedaan poIa asuh anak-anak yang tinggal di panti asuhan dan keluarga; (4) Menganalisis hubungan pola emosi dan tingkat kecerdasan emosi, dan hubungan poIa asuh belajar dan prestasi belajar anakanak yang tinggal di panti asuhan dan keluarga; (5) Meng~ hubungan kecerdasan emosi dan prestasi belajar anak-anak yang tinggaJ di panti asuhan dan keluarga. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamalan Kramat, Kota Jakarta Pusat. Desain penefrtian adaIah cross sectional study. Pengambilan data dilaksanakan daIam bulan oldober 2005. Contoh adalah kelas 4, 5 dan 6 SO. Contoh olkelompokkan menjadi dua, yaitu contoh di panti asuhan yang diasuh oIeh pengasuh dan contoh dari keluarga yang diasuh oIeh orangtua kandung. Contoh yang diteliti sebanyak 30 orang untuk setiap kelompok (total 60 orang). Data primer yang dikumpulkan meliputi (1) Karalderstik priba1:li contoh meliputi umur, jenis kelamin, lama tinggal di panti asuhan, dan besar keluarga; (2) Karalderistik keluarga pengasuh meliputi pendidikan, perldapatan, besar keluarga, dan pekerjaan; (3) Pola pengasuhan anak meliputi poIa asuh pola asuh emosi dan belajar. Data sekunder (1) data nilai raport; (2) gambaran wilayah penelitian meliputi panti asuhan dan sekolah.
Collections
- UT - Nutrition Science [2996]