Analisis Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Kointegrasi Antara Jenis Kue Di Triple Combo Bogor
Abstract
Berbagai jenis makanan dan jajanan semkakin banyak ditemui di lingkungan, baik jenis makanan kecil dan makanan besar. Kue klappertart contohnya, kue yang berasal dari Menado ini dulunya banyak di konsumsi oleh para bangsawan Belanda, makaroni contohnya makanan ini merupakan makanan yang sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat, dan pastel yang terdiri dari kulit kue kering dan isi, isi pastel dapat berbagai pilihan. Triple Combo merupakan hidangan yang exclusive memiliki 3 varian utama, yaitu : Klappertart, Makaroni, dan Pastel. Lokasi Triple Combo Klappertart Huize yang beralamat di Jalan. Pangrango No.8, Bogor terletak di Taman Kencana, bisa dikatakan pusat jajanan kuliner dan banyak sekali tempat makanan di daerah ini, maka dari itu tepat sekali menjadi tempat kue Triple Combo. Selain citrarasa yang baik, satu keunggulan dari klappertartnya Triple Combo adalah halal yang mana Triple Combo telah mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI. Karena kue klappertart dibandingkan makaroni dan pastel yang paling diminati oleh pelanggan, maka rumah tempat produksi maupun gerai penjualan tersebut dinamakan Huize atau Rumah Klappertart. Triple Combo merupakan jenis kue yang bergerak dalam bidang kuliner dan fokus dalam operasionalnya yang keseharianya di supervise oleh pengajar professional dari Bogor Hotel Institute dan tenaga ahli dari Hotel Salak The Heritage. Berawal dari keinginan membuat makanan yang unik dan spesial untuk memenuhi kebutuhan akan makanan yang lezat, sehat dan berkualitas yang cocok menjadi hidangan sehari-hari maupun untuk oleh-oleh atau gift serta menunjang pariwisata kota Bogor dengan memberi warna baru kuliner kota Bogor. Dengan menggunakan analisis kointergrasi terdapat dua jenis model yang digunakan untuk dianalisis, yaitu model analisis VAR (Vector Autoregression) atau model analisis VECM (Vector Error Corection Model). Dilihat dari hasil uji yang menunjukan bahwa data tersebut stasioner menggunakan VAR. Kemudian melakukan analisis IRF dan FEVD untuk melihat korelasi antara data kue dengan data penjualan yang kemudian dilakukan peramalan melalui analisis FEVD. Peramalan yang dilakukan untuk mengetahui apakah dalam kurun waktu 118 minggu akan diperoleh hasil bahwa kue tersebut akan mengalami penurunan atau peningkatan dalam penjualannya, atau akan turun naik pada setiap minggunya, maka dari itu perlu dilakukan penelitian peramalan penjualan sehingga Triple Combo akan mendapat gambaran penjualan untuk kedepanya. Diantara tiga jenis kue klappertart, makaroni, dan pastel ini, masyarakat lebih menggemari klappertart karena selain rasanya yang berbeda dari jenis kue lainnya juga memiliki ciri khas tersendiri yang lebih menonjol, sehingga masyarakat lebih cenderung memilih klappertart. Tetapi selain itu berdampak positif pada masyarakat untuk mencoba dua kue andalannya di Triple Combo seperti makaroni dan pastel sebagai pelengkap setelah mencoba klappertart.
Collections
- UT - Management [3442]