Pengukuran Efektivitas Iklan Televisi Es Krim Wall’s Magnum Terhadap Mahasiswa Program Diploma IPB Menggunakan Model Persamaan Struktural
Abstract
Bagi sebagian besar perusahaan, iklan di televisi menjadi suatu pilihan yang menarik, sebagai sumber informasi atau mengingatkan konsumen kepada perusahaan atau suatu merek yang diiklankan beserta berbagai fitur atau kelengkapan yang dimiliki dan juga keuntungan, manfaat, penggunaan, serta memperkuat citra produk bersangkutan sehingga konsumen akan cenderung membeli produk yang diiklankan itu. Agar pesan iklan menjadi efektif, komunikator harus merancang pesan agar menarik perhatian sasarannya. Salah satu iklan yang sering muncul di televisi dan menarik perhatian pemirsa adalah iklan es krim Magnum. Diluncurkannya iklan Magnum ini berhubungan dengan peremajaan produk dengan menciptakan image baru dari produk tersebut yang tujuannya untuk merubah sikap, pengetahuan, kepercayaan, perasaan, dan citra yang berkaitan dengan produk dan merek di dalam benak konsumen. Tujuan yang paling akhir adalah bagaimana iklan dapat mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas iklan es krim Wall’s Magnum versi Magnum Classic: Magnum Temptation Royal Treatment dalam mengkomunikasikan pesannya kepada konsumen menggunakan model persamaan struktural terhadap variabel efektivitas iklan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder berasal dari penelitian ssebelumnya yakni Rosi Arca, penelusuran pustaka dan publikasi elektronik (internet). Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Diploma Institut Pertanian Bogor yang pernah melihat iklan televisi es krim Magnum versi Magnum Classic: Magnum Temptation Royal Treatment dan pernah mengkonsumsi es krim Magnum. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik convienience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah Consumer Decision Model (CDM) dan analisis Model Persamaan Struktural dengan menggunakan Microsoft Excel dan AMOS 19. Dapat dikatakan bahwa iklan televisi es krim Wall’s Magnum versi Magnum Classic: Magnum Temptation Royal Treatment yang telah ditayangkan tersebut mampu mengkomunikasikan pesan dengan efektif kepada konsumen mulai dari pesan iklan (F) sampai terjadinya pembelian nyata (P). Ada 2 alur model yang mempunyai pengaruh terhadap pembelian konsumen. Alur model pertama yaitu variabel pesan iklan (F), pengenalan merek (B), sikap konsumen (A), niat membeli (I) produk dan akhirnya pembelian nyata (P) suatu produk. Kedua mulai dari pesan iklan (F), pengenalan merek (B), kepercayaan konsumen (C), terbentuklah niat beli konsumen (I) yang didorong dengan pembelian nyata (P). Dari hasil output regression weights, yang memiliki hubungan nyata (signifikan) dan Ho ditolak adalah hubungan antara variabel F dengan variabel B, variabel A terhadap variabel I, dan variabel I terhadap variabel P (pembelian nyata). Untuk variabel F terhadap variabel C, Variabel F terhadap variabel A, Variabel B terhadap Variabel C, Variabel B terhadap Variabel A dan Variabel C terhadap Variabel I tidak memiliki hubungan nyata dan Ho diterima.
Collections
- UT - Management [3354]