Analisis Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Kointegrasi Pada Produk Safe 1 dan Cypergard (500 ml dan 100 ml) di PT Chemigard
Abstract
PT Chemigard merupakan industri pestisida pembasmi rayap yang berlokasi di daerah Ciputat Tangerang - Banten. Produk pembasmi rayap yang diproduksi oleh PT Chemigard adalah Cypergard dan Safe 1. Produk Cypergard terdiri dari dua ukuran kemasan yang berbeda yaitu Cypergard 100 ml dan Cypergard 500 ml. Ketiga produk pembasmi rayap ini memiliki tingkat penjualan yang cukup baik setiap tahunnya. PT Chemigard telah memasarkan produk pembasmi rayapnya ke kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Peningkatan pembangunan di kota-kota tersebut mendorong penjualan yang juga terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada tahun 2007 total penjualan untuk masing-masing produk adalah Cypergard 500 ml 6830 kemasan, Cypergard 100 ml 8500 kemasan, dan Safe 1 1000 kemasan dan pada tahun 2010 untuk Cypergard 500 ml 14621 kemasan, Cypergard 100 ml 18950 kemasan, dan Safe 1 16000 kemasan. Penjualan produk Safe 1 dan Cypergard (100 ml dan 500 ml) berfluktuatif menyebabkan PT Chemigard memerlukan suatu instrumen untuk melihat hubungan dan pengaruh penjualan suatu produk dengan produk lainnya. Hal ini diperlukan untuk membantu PT Chemigard dalam mengontrol penjualan dari ketiga produk dalam beberapa periode ke depan. Pengaruh dan hubungan setiap produk dalam suatu perusahaan terkadang menyebabkan penurunan dan peningkatan penjualan terhadap produk lainnya. Dengan analisis kointegrasi perusahaan dapat melihat hubungan antara produk satu dengan produk lainnya dan dapat mengetahui ramalan penjualan untuk target penjualan kedepannya. Data yang telah didapatkan kemudian diolah dan dianalisis sesuai dengan langkah langkah analisis kointegrasi sehingga dapat memberikan jawaban permasalahan pada penelitian ini. Langkah-langkah analisis kointegrasi yaitu uji stasioner, uji kausalitas granger, uji lag optimal, uji kointegrasi, estimasi vecm, uji stabilitas data, dilanjutkan dengan Impuls response Function (IRF) dan Forecast Error Variance Decomposition (FEVD) untuk mendapatkan peramalan nya. Berdasarkan hasil uji kointegrasi data yang diolah memiliki hubungan kointegrasi pada produk Safe 1 dan Cypergard (500 ml dan 100 ml), dan berdasarkan IRF dan FEVD hasil ramalan ketiga produk tersebut untuk periode 6 bulan cenderung mengalami peningkatan walaupun adanya fluktuasi ringan dan produk yang berpengaruh baik terhadap peningkatan penjualan semua produk adalah produk Cypergard baik kemasan 500 ml maupun 100 ml. Sedangkan produk safe 1 berpengaruh positif terhadap penjualan dirinya sendiri dan penjualan produk Cypergard 500 ml, tetapi berpengaruh negatif terhadap penjualan produk Cypergard 100 ml.
Collections
- UT - Management [3354]