Analisis Efektivitas Iklan Televisi Kartu As Versi Sule (Kasus Pada Mahasiswa Program Strata-1 Institut Pertanian Bogor)
Abstract
Kartu As merupakan produk kartu seluler yang dikeluarkan oleh PT Telkomsel yang juga mengeluarkan kartu seluler lain merek Simpati dan Kartu Halo. Kartu As sebagai salah satu kartu seluler yang berada di tengah ketatnya persaingan telekomunikasi seluler memerlukan promosi yang baik dan efektif untuk menarik konsumen. Iklan yang dibuat sebagai kegiatan promosi menggunakan bintang iklan yang sedang populer di kalangan masyarakat dengan konsep iklan yang sangat menarik. Hal ini dilakukan untuk menarik konsumen melihat iklan tersebut, memberikan informasi serta mengingatkan masyarakat terhadap Kartu As kemudian mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui tingkat kesadaran merek (brand awareness) kartu seluler Kartu As, 2) Menganalisis efektivitas respon komunikasi iklan televisi kartu seluler As versi Sule dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk kartu seluler, 3) Menganalisis efektivitas dampak komunikasi iklan bersambung televisi kartu seluler Kartu As versi Sule. Penelitian dilakukan selama bulan Mei 2011 dengan mengambil data primer dari kuesioner yang disebar kepada 100 responden yaitu mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Pengambilan data sekunder diperoleh dari studi literatur. Kuesioner diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas agar bisa diandalkan menjadi instrumen penelitian. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan EPIC model dan Direct Rating Method. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan menggunakan EPIC Model, iklan Kartu As versi Sule sudah cukup efektif dalam memperkenalkan Kartu As kepada pemirsa televisi. Analisis efektivitas iklan Kartu As versi Sule dengan Direct Rating Method secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa iklan Kartu As termasuk dalam kategori iklan yang baik. Sedangkan hasil analisis data berdasarkan kategori responden pengguna Kartu As dan non pengguna Kartu As menggunakan metode EPIC Model menunjukkan bahwa efektivitas iklan bagi responden pengguna Kartu As lebih efektif dibanding efektivitas iklan tersebut bagi responden yang tidak menggunakan Kartu As. Analisis data berdasarkan kategori responden pengguna Kartu As dan non pengguna Kartu As menggunakan metode Direct Rating Method menunjukkan bahwa iklan Kartu As merupakan kategori promosi yang baik bagi responden pengguna Kartu As maupun yang tidak menggunakan Kartu As.
Collections
- UT - Management [3354]