Tingkat kepuasan pengusaha penangkapan terhadap pelayanan penyediaan fasilitas di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta
Abstract
PPS Nizam Zachman Jakarta memberikan pelayanan kepada pelaku usaha yang membuka usahanya di PPS Nizam Zachman salah satunya kepada pengusaha penangkapan berupa penyediaan fasilitas yang dapat mendukung kelancaran usaha penangkapan. Pengusaha penangkapan akan memberikan penilaian atas kinerja pelayanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepuasan terhadap pelayanan fasilitas di PPS Nizam Zachman Jakarta yang pada penelitian ini adalah fasilitas perbekalan, pendaratan dan perbaikan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Januari 2008 di PPS Nizam Zachman Jakarta Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif, SPSS.13, Importance and Perfomance Analysis (PA), dan sebaran frekuensi. Pada pelayanan fasilitas perbekalan, pendaratan dan perbaikan secara umum pengusaha penangkapan menyatakan puas. Pengusaha penangkapan menilai keberhasilan ini dari kemudahan, kenyamanan dan kesigapan petugas dalam memberikan pelayanan. Walaupun secara umum pengusaha penangkapan menyatakan puas atas pelayanan yang diberikan PPS Nizam Zachman Jakarta tetapi ada beberapa atribut pelayanan fasilitas yang belum memuaskan pengusaha penangkapan yaitu harga produk atau biaya pemakaian fasilitas serta ketepatan waktu dalam penyediaan fasilitas.