Analisis Parameter Rancang Bangun Roda Besi Bersirip Dengan Mekanisme Sirip Berpegas
Abstract
Untuk meningkatkan kemampuan traksi dan mengatasi masalah mobilitas traktor dua roda di lahan sawah diperlukan konsep baru dari roda besi bersirip yang digunakan. Dari penelitian yang telah dirintis sejak tahun 1996, mekanisme sirip gerak pada roda besi bersirip memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan roda kaku, yaitu menghasilkan gaya angkat dan gaya tarik yang lebih tinggi. Untuk penerapan pada traktor dua roda, pada tahun 2005, dengan memasukkan parameter tahanan tanah terhadap penekanan plat (hasil pengukuran di Sawah Baru, Bogor) telah didesain pretotipe roda besi bersirip dengan mekanisme sirip berpegas. Pengujian di lahan percobaan Sawah Baru IPB menunjukkan bahwa kemampuan traksi roda tersebut lebih baik dibandingkan roda besi bersirip kaku (Wiyono, 2005). Temuan baru tersebut perlu diaplikasikan lebih luas lagi terutama di Kabupaten Cianjur dan Subang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan parameter rancang bangun roda besi dengan sirip berpegas (untuk sawah di Subang dan Cianjur). Parameter tersebut meliputi: (a) diameter roda, (b) jumlah sirip, (c) ukuran sirip, dan (d) kekuatan sistem pegas pada mekanisme sirip berpegas. Parameter tersebut dianalisis dan dihitung, berdasarkan: i) tahanan tanah terhadap penekanan plat, ii) konstruksi dan bobot traktor, iii) beban tarik dan tahanan gelinding roda. Tahanan tanah terhadap penekanan plat diukur di persawahan Kabupaten Subang dan Cianjur. Rancang bangun roda besi dengan sirip berpegas untuk traktor dua roda dilakukan dengan tahapan: (a) merencanakan diameter luar roda sirip, (b) menentukan jumlah sirip, (c) menentukan ukuran lebar, tinggi, tebal sirip dan bahan sirip, (c) merancang mekanisme pegas untuk sirip, (d) menentukan ukuran dan bahan pegas sirip, (e) merencanakan jumlah, ukuran bahan dan diameter luar pelek (rim), (f) merencanakan bentuk, ukuran, jumlah, dan bahan jari-jari rada, (g) menentukan bentuk, ukuran dan bahan flens roda, (h) merencanakan pemasangan jari-jari, flens roda, pelek roda dan batang penghubung pelek.