Pengukuran kinerja dengan pendekatan balanced scorecard pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Bogor
Abstract
Memasuki lingkungan bisnis yang kompetitif khususnya dalam bidang Perbankan, perencanaan strategi perusahaan yang tepat merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Suatu perencanaan strategi yang tepat merupakan hasil dari pengukuran kinerja perusahaan yang komprehensif. Pengukuran kinerja terhadap suatu perusahaan sangat penting dilakukan untuk evaluasi kinerja perusahaan dan mengembangkan perusahaan. Pada hal ini PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Bogor (PT BMI Tbk) harus mampu meningkatkan kualitas kinerja perusahaan secara terus menerus dan dapat mengembangkan bisnis perusahaan. Salah satunya dengan cara memiliki alat ukur kinerja yang menyeluruh. Alat pengukur kinerja yang menyeluruh yaitu alat ukur yang tidak hanya mengukur dari aspek keuangan saja, akan tetapi tetap mempertimbangkan aspek non keuangan. Metode Balanced Scorecard (BSC) dibuat untuk menyeimbangkan pengukuran aspek keuangan dengan aspek non keuangan. Penerapan metode Balanced Scorecard pada suatu perusahaan dapat mengukur dengan tetap mempertimbangkan kepentingan masa yang akan datang terhadap unit bisnis yang dijalankan dengan penciptaan nilai saat ini. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1.Mengetahui dan mengevaluasi peta strategi BSC PT BMI Tbk Cabang Bogor yang sesuai dengan visi, misi dan strategi perusahaan, 2.Mengidentifikasi perancangan sistem pengukuran kinerja PT BMI Tbk Cabang Bogor yang sesuai dengan konsep BSC, 3.Menganalisis pencapaian kinerja PT BMI Tbk Cabang Bogor pada tahun 2009 dengan menggunakan pendekatan BSC. Penelitian ini dilakukan di PT BMI Tbk Cabang Bogor di Jl. Padjajaran No. 165 Bantarjati, Bogor. Pengolahan data kualitatif diolah dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data kuantitatif diolah menggunakan rataan, angka indeks, paired comparison, dibantu program expert choice 2000 serta program SPSS 15.0.
Collections
- UT - Management [3476]