Analisis penetapan bauran pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) studi kasus di Bank X
Abstract
Peningkatan persaingan dalam pasar KPR mendorong bank-bank penyalur KPR untuk menciptakan strategi-strategi pemasaran yang efektif, salah satunya melalui bauran pemasaran. Bank X merupakan salah satu bank umum yang berpusat di Surabaya yang juga menawarkan KPR. Hal yang menariknya adalah walaupun tidak seperti bank umum lainnya yang agresif melakukan strategi harga rendah, promosi yang gencar ataupun inovasi produk, tetapi jumlah KPRnya meningkat setiap tahun dan setidaknya dapat dipertahankan sebesar 20% dari keseluruhan kredit. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis unsur bauran pemasaran yang lebih diutamakan untuk KPR Bank X terkait dengan tujuan yang ingin dicapai, (2) Menganalisis faktor-faktor utama yang berpengaruh dalam penetapan bauran pemasaran yang diutamakan untuk KPR Bank X dan (3) Menganalisis bentuk penetapan yang dipilih Bank X untuk unsur bauran pemasaran KPR yang diutamakan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Data primer diperoleh melalui penelitian langsung dilapangan, wawancara dengan pihak-pihak perusahaan dan hasil dari kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data yang dimiliki perusahaan, literatur-literatur pada instansi lain, dan juga melalui browsing di internet. Pengolahan Data dilakukan dengan metode Proses Hirarki Analitik (PHA) menggunakan software Expert Choice 2000 2nd Edition.
Collections
- UT - Management [3354]