Pengembangan Sistem Jasa Konsultasi Botani Online: Peluang dan Tantangan di Perpustakaan Kebun Raya Bogor
Abstract
Kemajuan TI berdampak pada tuntutan kebutuhan pengguna yang serba cepat dan cenderung selalu ingin lebih mudah untuk mendapatkan informasi sehingga berdampak kepada layanan informasi di perpustakaan. Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi harus berjalan seiring dengan pesatnya kemajuan TIK serta kebutuhan informasi pengguna. Pengembangan sistem jasa konsultasi botani online adalah upaya Perpustakaan KRB untuk meningkatkan kinerja layanan, dengan menyediakan informasi yang relevan dan bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat (seperti: turis, peneliti, praktisi, pebisnis, perguruan tinggi, dan masyarakat umum lainnya). Artikel ini menjelaskan tentang pengembangan sistem jasa konsultasi botani online di Kebun Raya Bogor. Sistem di disain untuk memenuhi kebutuhan fungsional lembaga termasuk untuk pengadaan dan pemeliharaan pengetahuan dalam bentuk artikel, buku-buku, jurnal-jurnal, majalah-majalah dan makalah ilmiah yang diproduksi dan dimiliki Kebun Raya. Sistem juga menyediakan konsultasi online dengan para ahlinya. Peluang dan tantangan implementasi secara penuh perlu dukungan infrastruktur yang memadai, dan membangun kebijakan dan aturan yang jelas untuk memperkaya dan kemutakhiran pengetahuan yang dimiliki. Kata kunci: teknologi informasi dan komunikasi, kebun raya bogor, jasa konsultasi botani online.
Collections
- Proceedings [2790]