Persepsi Karyawan tentang Hubungan Restrukturisasi Organisasi dengan Kinerja Karyawan (Studi Kasus PD Pasar Jaya Unit Area 03 Pramuka, Jakarta Timur)
Date
2010Author
Pertiwi, Deviani
Mangkuprawira, Sjafri
Sukmawati, Anggraini
Metadata
Show full item recordAbstract
PD Pasar Jaya memiliki kesadaran yang cukup tinggi untuk menjadi perusahaan yang lebih baik bagi konsumen dan juga bagi karyawannya. Pembenahan terus menerus dilakukan dengan cara mengubah struktur organisasi yang dapat berdampak pada kinerja karyawannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah : (1) Menjelaskan restrukturisasi organisasi yang telah dilakukan PD Pasar Jaya dari tahun 2003 sampai 2007, (2) Menganalisis hubungan restrukturisasi organisasi dengan kinerja karyawan PD Pasar Jaya unit area 03 Pramuka, dan (3) Merumuskan implikasi manajerial PD Pasar Jaya sehubungan dengan adanya restrukturisasi organisasi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam analisis ini yaitu data primer berasal dari kuesioner serta wawancara dan data sekunder berasal dari hasil studi pustaka. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus sebesar 71 responden. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis persepsi dengan rataan skor dan uji Rank Spearman untuk menganalisis hubungan restrukturisasi organisasi dengan kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PD Pasar Jaya melakukan restrukturisasi mulai dari tingkat pusat sampai unit pelaksananya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa indicator-indikator restrukturisasi seperti ukuran (struktur dan jumlah karyawan), arus kerja, kompleksitas tugas, kewenangan formal, kontrol formal, dan sistem komunikasi berhubungan dengan kinerja karyawan. Sedangkan infrastruktur tidak berhubungan dengan kinerja. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan yang baik terhadap indikator-indikator restrukturisasi agar restrukturisasi dapat meningkatkan kinerja karyawan.
Collections
- UT - Management [3443]