Peranan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh untuk Mewujudkan Knowledge Based Society di Ranah Minang
Abstract
Ditinjau dari motode penyampaian materi ajar yangterjadi dalam proses pembelajaran, dikenal dua model pendidikan, yaitu model pendidikan tinggi tatap muka (konvensional) dan pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). Ciri utama PTJJ adalah adanya keterpisahan antara pengajar (guru)denagn pelajar (siswa)serta peranan penting media pendidikan. Selain itu, makin membaiknya tingkat kesejahteraan telah mengubah persepsi masyarakat bahwa kesempatan menempuh pendidikan tinggi merupakan hak asasi warga negara, tidak lagi dilihat sebagai suatu hak istimewa yang hanya dapat dinikmati kelompok elitis.Kemajuan iptek yang begitu cepat, tuntutan sosial dan pertumbuhan ekonomi serta penekanan pentingnya SDM berkualitas untuk menunjang pembangunan nasional merupakan faktor pendorong timbulnya fenomena tersebut.
Collections
- Proceedings [2790]