Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Serta Pengetahuan Tentang Profesi Ahli Gizi Dari Mahasiswa Akademi Gizi Depkes Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor internal (minat, motivasi, status gizi dan kesehatan, cara belajar, NEM) dan faktor eksternal (faktor keluarga dan faktor tempat tinggal) terhadap prestasi belajar dari mahasiswa Akademi Gizi Depkes Semarang, mendeskripsikan pengetahuan tentang profesi ahli gizi dari mahasiswa Akademi Gizi Depkes Semarang. Penelitian dilaksanakan di Akademi Gizi Depkes Semarang, mulai bulan Maret sampai dengan Agustus 2000. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari isian daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden (mahasiswa tingkat II dan III sejumlah 174 orang), sedangkan data sekunder diperoleh dari Tata Usaha dan Bagian Penilaian Akademik Mahasiswa Akademi Gizi Depkes Semarang. Data primer yang dikumpulkan adalah identitas responden dan orangtua responden, minat, motivasi, status gizi dan kesehatan, cara belajar, pengetahuan tentang profesi ahli gizi, faktor keluarga (dukungan emosional dan finansial orangtua), persepsi responden terhadap dukungan akademi, tempat tinggal serta finansial responden. Adapun data sekunder yang dikumpulkan adalah keadaan umum dari Akademi Gizi Depkes Semarang, indeks prestasi kumulatif, jumlah SKS dan NEM.