Analisis Perilaku Konsumen sebagai Respon dari Strategi Pemasaran Produk TelkomFlexi - PT. Telkom, tbk
Abstract
Secara resmi untuk pertama kalinya, Code Division Multiple Access (CDMA) 2000-1X PT. Telkom ini diluncurkan di Surabaya, akhir November 2002 lalu. Jatuhnya pilihan pada CDMA 2000 1X didasari oleh alasan akan kebutuhan "percepatan pembangunan". TelkomFlexi merupakan komunikasi suara dan data dengan basis teknologi CDMA 2000 (1X), yang dalam pengoperasiannya didukung oleh pesawat telepon Fixed Wireless Terminal (FWT) yang telah dilengkapi display dan pesawat telepon selular. Strategi pemasaran yang diterapkan TelkomFlexi adalah strategi segmentation, targeting dan positioning (STP). Segmentasi produk TelkomFlexi disusun berdasarkan Dynamic Atributte Segmentation yang memandang pasar berdasarkan atribut-atribut dinamis yang serupa, yang mencerminkan human characteristics pelanggan (minat), kebiasaan, sikap, keyakinan yang secara langsung mempengaruhi alasan pelanggan untuk membeli. Segmentasi produk TelkomFlexi untuk PT. Telkom Divre II Kandatel Bogor adalah seluruh pelanggan premium residensial yang berada di area lokal Bogor (0251). Target pasar TelkomFlexi adalah pelanggan residensial perumahan dengan pemakaian medium dan belum terjangkau oleh layanan fix telephone berbasis jaringan kabel. TelkomFlexi diposisikan sebagai fix wireless subsitusi untuk POTS dengan tag line yang ditampilkan adalah "fexible".
Collections
- UT - Management [3476]