Analisis Sikap dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Kunjungan Konsumen Kafe Baca Di Buku Kafe, Depok Jawa Barat
Abstract
Kafe dianggap sebagai suatu tempat makan yang berkelas yang mampu menghadirkan suasana santai bersama teman, keluarga dan bersosialisasi dengan rekan bisnis. Keberadaan kafe saat ini sedang menjadi trend seperti Hard Rock Cafe, Planet Hollywood, Fashion Cafe, Café Batavia, Cafe Excelso. Sekarang ini ada kafe yang dapat menciptakan suatu tempat yang nyaman sebagai tempat hiburan sekaligus mencerdaskan dan menyajikan ratusan buku yang menjadi daya tarik tersendiri disebut kafe baca. Kafe baca didirikan untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang terbilang masih rendah. Menurut BPS (2006), masyarakat Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama mendapatkan informasi. Orang lebih memilih menonton televisi (85,9%), mendengarkan radio (40,3%) dan membaca koran hanya (23,5%). Buku Kafe merupakan pendiri awal untuk kafe baca di depok yang berdiri tahun 2003 dengan segmen pasarnya adalah masyarakat pecinta buku. Pada tahun 2006 muncul pesaing sejenis yaitu Kafe Zoe. Sejak awal berdiri jumlah pengunjung Buku Kafe setiap hari sebanyak 40-50 orang namun sekarang rata-rata konsumen setiap hari hanya 25 orang. Jumlah pengunjung yang menurun diduga tidak hanya karena muncul pesaing sejenis, namun sikap konsumen terhadap atribut kafe juga ikut mempengaruhi keputusan kunjungan. Oleh karena itu riset mengenai sikap konsumen terhadap atribut yang ditawarkan Buku Kafe, faktor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan kunjungan konsumen sangat dibutuhkan bagi pihak manajemen
Collections
- UT - Management [3354]