Strategi Bisnis Budidaya Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Berkah Koi Farm, Pekanbaru, Riau
Abstract
Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu ikan hias dengan nilai ekonomis tinggi yang mengandalkan warna dan bentuk tubuhnya sebagai ciri khas keindahan. Penggunaan strategi bisnis yang tidak optimal merupakan permasalahan dalam kegiatan budidaya ikan koi di Indonesia yang nantinya akan memengaruhi produktivitas dan nilai keuntungan yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis strategibisnis pada pembesaran ikan koi (Cyprinus carpio). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan mengikuti kegiatan budidaya secara langsung. Secara keseluruhan, kinerja produksi dan usaha di Berkah Koi Farm menunjukkan hasil yang belum maksimal. Hasil analisis Matriks IE Berkah Koi Farm berada pada posisi sel V, yaitu area Hold and Maintain. Alternatif strategi yang dapat digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk.
Collections
- UT - Aquaculture [2055]