Analisis Strategi Pemasaran Cincau Drink (Kasus pada CV. Citra Pangan Mandiri)
Abstract
Di Indonesia, khususnya di pulau Jawa banyak orang mengenal salah satu jenis makanan yang disebut dengan cincau. Berdasarkan bahan bakunya terdapat dua macam cincau yang ada di pasaran yaitu cincau hijau dan cinncau hitam. Cincau hitam berasal dari tanaman Janggelan sedangkan cincau hijau berasal dari daun cincau hijau (Cyclea barbata L Miers). Perbedaan dari kedua jenis cincau ini adalah warna, rasa, aroma dan cara pembuatannya. Cincau hijau dibuat hanya dari daun tanpa proses pemanasan, sedangkan cincau hitam dibuat dari ekstrak seluruh bagian tanaman janggelan dengan bantuan proses pemanasan dan penambahan hidrokoloid. CV. Citra Pangan Mandiri (CPM) merupakan industri kecil yang mencoba mengoptimalkan sumberdaya alam setempat. Sumberdaya alam yang dikembangkan adalah cincau hitam (Mesona Palustris BL). Minuman yang akan diproduksi oleh CV. CPM adalah minuman jelly yang terbuat dari cincau (cincau drink). Minuman jelly yang akan dibuat merupakan pengembangan dari produk cincau hitam yang ada di pasaran. Produk ini menggunakan ekstrak cincau hitam sebagai sumber rasa, warna dan aroma. Untuk hidrokoloid pembentuk gelnya disubstitusi oleh jelly powder dengan kandungan karagenan. Minuman jelly ini dikemas dalam cup sehingga dapat langsung dikonsumsi dan umur simpannya lebih lama.
Collections
- UT - Management [3388]