Analisis loyalitas karyawan melalui program pemeliharaan karyawan PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor)
Abstract
PT X Tbk merupakan perusahaan informasi dan komunikasi (InfoCom) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian cepat membawa dampak timbulnya persaingan usaha yang begitu ketat dalam bidang pelayanan informasi dan komunikasi kepada pelanggan. Kondisi ini menuntut setiap perusahaan harus memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif, respons yang cepat dan fleksibel, agar dapat bersaing dengan perusahaan lain khususnya dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sejenis. Keunggulan kompetitif tersebut dapat diperoleh dengan memiliki sumberdaya manusia (SDM) yang memiliki loyalitas tinggi yang diwujudkan melalui penerapan program pemeliharaan karyawan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat loyalitas karyawan PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor), mengetahui pelaksanaan program pemeliharaan karyawan yang dilakukan oleh PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor), menganalisis pengaruh program pemeliharaan karyawan terhadap loyalitas karyawan pada PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor) dan menganalisis hubungan karakteristik responden dengan loyalitas karyawan PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari studi literatur, data perusahaan, penelusuran pustaka, dan publikasi internet. Pemilihan sampel dilakukan secara judgement. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk data kualitatif, sedangkan data kuantitatif menggunakan teknik analisis Regresi Linear Logistik Biner dan analisis Chi-Square dengan menggunakan bantuan software SPSS 15.0 for Windows dan Minitab 14.0. Berdasarkan persepsi responden pada pernyataan langsung mengenai loyalitas, karyawan PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor) tergolong karyawan yang loyal, dapat dilihat dengan nilai rataan skor sebesar 4,31 (loyal). Hasil uji Chi-Square digunakan untuk melihat hubungan karakteristik responden terhadap loyalitas. Hasilnya adalah usia, lama bekerja dan posisi memiliki hubungan dengan loyalitas, dengan nilai P-value lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,05. Analisis persepsi karyawan mengenai program pemeliharaan karyawan menunjukkan bahwa karyawan PT X Tbk (Unit Bisnis Bogor) termasuk dalam kategori loyal dengan rataan skor sebesar 4,28 (loyal) dengan masing-masing rataan skor untuk komunikasi (4,36), insentif (4,34), kesejahteraan karyawan (4,23), keselamatan dan kesehatan kerja/K3 (4,35) dan hubungan industrial Pancasila (4,13). Hasil pengolahan dan analisis data dengan menggunakan analsis regresi logistik biner, dapat diambil kesimpulan bahwa metode insentif dapat mempengaruhi tingkat loyalitas karyawan. Hal ini dikarenakan nilai signifikansi (P-value=0,009) lebih kecil dari taraf signifikansi α=5%. Dengan menggunakan rasio Odds untuk variabel independen (insentif), dapat diinterpretasikan bahwa peluang karyawan menjadi loyal dengan peningkatan insentif yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan adalah 137,365 kali dibandingkan dengan apabila perusahaan menurunkan insentif yang diberikan kepada karyawannya, dengan asumsi variabel independen lainnya sama.
Collections
- UT - Management [3455]