Pengaruh pengetahuan gizi dan persepsi klaim gizi terhadap keputusan pembelian produk susu ibu hamil di Kota Bogor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara
pengetahuan gizi dan persepsi klaim gizi terhadap keputusan pembelian produk
susu ibu hamil. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan
metode wawancara yang dilakukan di Puskesmas Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa
Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2015. Contoh
penelitian ini sebanyak 60 orang ibu hamil, 30 orang yang mengonsumsi susu dan
30 orang yang tidak mengonsumsi susu. Metode penarikan contoh dilakukan secara
purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji beda, uji hubungan
dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan
yang signifikan pada karakteristik individu dan keluarga yang mengonsumsi
maupun tidak mengonsumsi produk susu ibu hamil. Tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara pengetahuan gizi dan persepsi ibu hamil terhadap klaim gizi
(p>0.05, r=0.136) dengan keputusan pembelian produk susu ibu hamil (p>0.05,
r=0.00). Uji regresi logistik menunjukkan bahwa pendidikan merupakan variabel
yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk susu ibu hamil.
Collections
- UT - Nutrition Science [2963]