Pengaruh pendidikan gizi dengan media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap tentang konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyuluhan dengan media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap tentang konsumsi buah dan sayur pada siswa kelas 5 di SDN Citeureup 04. Contoh berjumlah 63 siswa terdiri dari 31 contoh kelompok intervensi dan 32 contoh kelompok kontrol dengan penentuan sekolah secara purposive sampling. Penelitian dilakukan pada Mei- Agustus 2015. Tahapan penelitian terdiri dari pre test, intervensi, dan post test (pada hari yang sama setelah intervensi dan dua bulan setelah intervensi) dengan desain penelitian quasi experimental study. Hasil uji statistik untuk pengetahuan dan sikap pada kelompok intervensi diperoleh perbedaan yang signifikan sebelum (pre test) dan setelah intervensi (post test 1 dan post test 2) (p<0.05), namun saat post test 1-post test 2 hasilnya tidak berbeda secara signifikan (p>0.05). Hal ini menunjukkan bahwa media audio visual yang diberikan memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap contoh.
Collections
- UT - Nutrition Science [3001]