Analisis mutu pelayanan terhadap kepuasan konsumen grage sangkan hotel SPA kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Abstract
Saat ini, pariwisata merupakan aktivitas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat baik di negara maju ataupun berkembang. Dengan adanya peningkatan di sektor pariwisata maka menuntut sarana penunjangnya berkembang, yaitu sarana akomodasi seperti jasa penginapan, travel, restoran dan lainnya. Perkembangan industri perhotelan di Kabupaten Kuningan menuntut pengelolaan hotel diarahkan pada keistimewaan produk dan pelayanan yang bermutu bagi wisatawan yang datang agar mendapat sisi baik dari pandangan konsumennya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi atribut mutu pelayanan yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen Grage Sangkan Hotel SPA, kemudian untuk menganalisis sampai sejauhmana tingkat kepuasan konsumen Grage Sangkan Hotel SPA dan merumuskan strategi dalam peningkatan mutu pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen Grage Sangkan Hotel SPA. Pengumpulan data penelitian ini dihasilkan dari data primer dan sekunder. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan metode analisis faktor, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI) dimana peubah tingkat kepentingan dan pelaksanaan diteliti dengan bantuan alat analisis, yaitu software SPSS versi 15.0. Hasil dari analisis faktor menunjukkan setiap dimensi mutu jasa memiliki atribut mutu pelayanan yang paling dipentingkan konsumen, yaitu dimensi tangible, atribut tersedianya media informasi, reliability adalah kemampuan pelayanan, pada responsiveness (kecepatan menangani keluhan), dimensi assurance (keramahan dan perhatian menerima keluhan), pada dimensi empathy (acara khusus yang diadakan Grage Sangkan Hotel SPA). Hasil metode IPA berdasarkan diagram Kartesius, didapatkan atribut-atribut yang berada di Kuadran I memprioritaskan kecepatan penanganan keluhan dan memberikan umpan balik terhadap keluhan; Kuadran II meliputi fasilitas fisik, sarana dan lingkungan pendukung, tersedianya media informasi, penampilan karyawan hotel, mutu makanan dan minuman, memberikan keakuratan informasi, kemampuan melayani, kemampuan berkomunikasi, kemampuan karyawan membantu keluhan, kesigapan dalam melayani, keramahan dan kesopanan melayani konsumen, keramahan dan perhatian menerima keluhan, perasaan aman dan citra; Kuadran III meliputi kedisiplinan karyawan, prosedur administrasi baik, pengetahuan dan kecakapan memberikan informasi, terjadinya keakraban karyawan dan konsumen, berupaya mengenal dan memenuhi kebutuhan konsumen, keberadaan dan manfaat kotak saran, serta acara khusus yang diadakan; Kuadran IV meliputi kemudahan pemesanan kamar dan tersedianya saluran telepon/e-mail dalam melayani dan menerima keluhan. Berdasarkan perhitungan metode CSI bahwa tingkat kepuasan konsumen Grage Sangkan Hotel SPA (80,24%) berada pada kategori puas (66%-80%).
Collections
- UT - Management [3354]